oleh

Alfamart Gelar Pelatihan Manajemen Ritel Bagi Pedagang Kelontong dan UKM

INILAHONLINE.COM, CIBINONG

PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk (Alfamart) bekerja sama dengan Kecamatan Cibinong menggelar pelatihan manajemen ritel yang diikuti ratusan pedagang kelontong dan UKM di Cibinong Kabupaten Bogor, Kamis (26/9/2019).

Menurut Branch Manager Alfamart Bogor, Kristanto Inwahyudi di mengatakan, pelatihan yang melibatkan pelaku usaha lokal tersebut merupakan bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) dan perhatian Alfamart terhadap rekan pedagang kecil.

Kita ajak pedagang kelontong ini untuk memahami bisnis ritel. Karena saat ini ritel tradisional dan modern harus tumbuh berdampingan. Pedagang ritel tradisional perlu dibekali ilmu manajemen ritel modern, agar mereka memiliki daya saing,” ujar Kristanto.

Menurutnya, pelatihan tersebut dikemas dengan program Store Sales Point (SSP) dan Sosialisasi IKM ditambah dengan Alfa Trex. Dimana programnya berjalan menjadi tigabagian, pertama pelatihan ritel, kedua produk lokal yang dapat dijual di toko Alfamart dan yang terkahir jasa pengantaran paket.

“Kita ajak pedagang kelontong ini untuk memahami bisnis ritel. Karena saat ini ritel tradisional dan modern harus tumbuh berdampingan. Pedagang ritel tradisional perlu dibekali ilmu manajemen ritel modern, agar mereka memiliki daya saing,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, hadir pula Camat Cibinong, Bambang W Tawekal untuk membuka kegiatan pelatihan pedagang tersebut. Bambang berharap dengan adanya perhatian pelaku usaha ritel terhadap pedagang kelontong & UMKM di wilayah Kecamatan Cibinong dapat membantu mereka menambah ilmu berdagang dan menghilangkan stigma yang beredar bahwa minimarket dapat mematikan pedagang kecil.

“Sudah semestinya saat ini antara pelaku usaha ritel dengan pedagang kecil dapat berjalan beriringan dan semoga pedagang kecil ini dapat menjadi mitra Alfamart. Saya berharap, kegiatan seperti ini dapat terus berkesinambungan dan Alfamart dapat terus membina para pedagang kelontong”, katanya,

Sementara itu, seorang peserta pelatihan, Ningsih warga dari Kelurahan Harapan Jaya mengatakan sangat bersyukur dapat di undang dan hadir dalam kegiatan seperti ini. “Selain menambah ilmu cara mengelola barang dagangan, saya pun dapat mencoba untuk meningkatkan pemasaran produk buatan saya untuk di jual di Toko Alfamart”, ungkapnya.

Peserta pelatihan pedagang di Kecamatan Cibinong sangat antusias mengikuti setiap sosialisasi yang disampaikan oleh tim dari Alfamart. Kegiatan tersebut ditutup dengan foto bersama peserta pelatihan pedagang, aparat pemerintahan Kecamatan Cibinong serta tim Alfamart.

(Piya Hadi)

Komentar