oleh

Angin Puting Beliung Rusak Puluhan Rumah Warga Sirampog Brebes

INILAHONLINE.COM, BREBES

Potensi kerawanan bencana alam khususnya angin puting beliung pada puncak musim penghujan Januari-Februari 2019 di wilayah Brebes Tengah dan Selatan, yang diprediksi oleh Kaharudin dari BMKG Tegal Karesidenan Pekalongan, dalam Rapat Koordinasi (Rakor) pengoptimalan penanganan bencana alam di Ruang Data Kodim 0713 Brebes pada Jumat (4/1) kemarin, benar-benar terjadi.

Danramil 10/Sirampog Kodim 0713/Brebes, Kapten Inf Muhrodi mengatakan bahwa di Dusun/Desa Buniwah Rt. 04 Rw. 01 Kecamatan Sirampog telah terjadi hujan lebat disertai puting beliung/leysus yang mengakibatkan beberapa pohon tumbang dan merusak sekitar 20 rumah warga setempat.

“Sekitar pukul 14.45-16.30 WIB, wilayah Kecamatan Sirampog dan sekitarnya turun hujan lebat disertai puting beliung. Kencangnya angin mengakibatkan beberapa pohon tumbang dan bangunan rusak sedang dan berat. Atap atau genteng berjatuhan terbawa angin,” ungkapnya, Selasa malam (15/1/2019).

Menurutnya, kejadian angin puting beliung tidak memakan korban jiwa dalam musibah ini. Adapun data bangunan warga yang mengalami rusak berat tercatat sebanyak 8 rumah diantaranya rumah milik Suhamah, Wasrip, Wasipah, Toharo, Ruslani, Wahidin, Wasrun dan Sutimah.

Sedangkan bangunan yang rusak sedang sebanyak 11 bangunan, yakni rumah milik Saepudin, Abdul Hadi, Megi, Maryono, Rohmat, Ahmad Fauzi, Toto, H. Abu Hasan, Abdul Kholik, Abdul Fatah, Harisman serta Muhrodi.

“Di Dukuh Tengah Desa Buniwah, ada pohon tumbang yang menimpa kabel listrik dan beberapa rumah warga. Kami bersama BPBD Kecamatan segera mendatangi lokasi bencal, mendata kerugian, berkoordinasi dengan Kades untuk merencanakan kegiatan pembersihan puing besok pagi, termasuk mengurangi batang pohon dekat pemukiman penduduk serta melaporkan ke Komandan Kodim selaku Ketua Penanggulangan Bencana Alam Brebes,” tukasnya.

(CJ/Aan)

Komentar