oleh

Anis Baswedan Terpilih Jadi “Gubernur Indonesia” Setelah Kalahkan Ridwan Kamil

INILAHONLINE.COM, JAKARTA

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, terpilih menjadi Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) periode 2019-2023 “Gubernur Indonesia”. Anies terpilih dalam Musyawarah Nasional (Munas) APPSI VI setelah mengalahkan pesaingnya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (26/11).

Anies menggantikan Ketua Umum Sementara APPSI periode sebelumnya, Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola. APPSI merupakan wadah interaksi kepemimpinan pada tingkat nasional yang anggotanya adalah para Gubernur se-Indonesia.

Dilansir berbagai media, Pemilihan Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) periode 2019-2023 hanya diikuti oleh 23 provinsi. Adapun 11 provinsi lainnya dinyatakan tidak bisa ikut memilih karena tidak dihadiri oleh Gubernur atau Wakil Gubernur. Dari 23 suara yang diperebutkan, Anies memperoleh 13 suara. Sementara Ridwan mendapat 9 suara. Satu suara memilih abstain, yaitu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang memilih abstain dengan alasan dirinya lebih suka kalau pemilihan dilakukan secara musyawarah mufakat.

“Teman-teman APPSI, para Gubernur, mempercayakan saya untuk menjadi Ketua APPSI 2019-2023. Dan saya sampaikan kepada semua, ini adalah sebuah kehormatan. Karena ini titipan, Insya Allah saya akan jalankan dengan sebaik-baiknya,” ujar Anies usai serah terima jabatan.

Anies menjelaskan tugas pertama yang akan dilakukan setelah menjabat sebagai ketua umum adalah membentuk tim formatur. Tim ini yang kemudian akan menyusun kepengurusan APPSI nantinya. Kemudian kepengurusan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

“Nah tugas saya yang pertama adalah membentuk tim formatur tim. Formatur ini kemudian nanti akan menyusun kepengurusan. Nanti kepengurusan akan dikukuhkan oleh Bapak Presiden,” terang Anies.

(Mohammad Iqbal)

Komentar