Apel Dansat Tersebar Kodam I/BB, Meningkatkan Kemampuan Pelaksanaan Tugas

INILAHONLINE.COM, MEDAN-SUMUT

Pangdam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI Irwansyah MA MSc secara resmi membuka “Apel Dansat Tersebar Kodam I/BB Tahun 2020”. Acara ini dihadiri seluruh Komandan Satuan (Dansat) jajaran Kodam I/BB. Berlangsung di Gedung Balai Prajurit Makodam I/BB, Senin (20/7/2020).

Disampaikan Pangdam I/BB, kiranya acara tersebut dan rangkaiannya dapat memberikan nilai tambah guna meningkatkan kemampuan pelaksanaan tugas ke depan. Terlebih memang, apel ini merupakan sarana komunikasi dua arah yang sangat efektif antara pimpinan dengan para Dansat. Sekaligus sebagai tindak lanjut pelaksanaan kegiatan berjenjang di atasnya, “Apel Dansat TNI AD Terpusat”.

“Harapan kita, kegiatan ini dapat memberikan kejelasan arah kebijakan pimpinan Kodam I/Bukit Barisan. Di sampaing itu, ini kita jadikan wadah untuk memperoleh masukan maupun informasi dari satuan bawah. Dengan begitu kita dapat mewujudkan keseragaman cara pandang dan pemikiran para Dansat untuk meningkatkan kualitas kepemimpinan di lapangan. Pada akhirnya tercipta soliditas dan profesionalisme dalam menjalankan tugas di satuan, guna mendukung dan tercapainya tugas pokok Kodam I/Bukit Barisan,” jelas Pangdam I/BB, Mayjen TNI Irwansyah MA MSc.

Katanya lagi, tugas dan tantangan nyata dalam pembinaan satuan saat ini adalah membentuk prajurit yang disiplin. Tak hanya itu, juga harus terlatih dan bertanggung jawab meningkatkan kemampuan sumber daya prajurit dalam penguasaan teknologi dan informasi. Prajurit juga dituntut mampu menumbuhkembangkan budaya interaksi dan komunikasi antara pemimpin dengan yang dipimpin.

Karenanya Dia menegaskan, para Dansat agar memiliki kepedulian dan kepekaan yang tinggi. Tujuannya agar terlaksana upaya pembinaan satuan dan mampu memberdayakan potensi satuan secara optimal.

Tak luput pada kesempatan itu, Pangdam I/BB juga menyampaikan beberapa atensi untuk menjadi perhatian selama melaksanakan kegiatan tersebut. Pertama, tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral dan etika dalam kehidupan keprajuritan baik di lingkungan satuan maupun di lingkungan sosial kemasyarakatan.

Kedua, manfaatkan momen apel Dansat ini untuk saling bertukar pikiran dan informasi, agar dapat terjalin silaturrahmi yang baik guna terwujudnya soliditas, yang akan menjadi teladan bagi prajurit saat di lapangan.

Ketiga, hindari dan minimalisir serta tiadakan berbagai bentuk pelanggaran sekecil apapun, seperti penyalahgunaan narkoba, THTI, perkelahian, asusila, kecelakaan baik dalam latihan maupun laka lalin dan backing illegal lainnya.

Keempat, tingkatkan kesiapsiagaan satuan secara optimal. Hal ini guna menghadapi tugas yang semakin dinamis dan kompleks serta lakukan perubahan dan pembaharuan yang dapat mengantarkan satuan menjadi lebih berprestasi dalam setiap pelaksanaan tugas.

Kelima, perhatikan faktor pengamanan selama dan sesudah pelaksanaan kegiatan “Apel Dansat” ini.

Keenam, kepada seluruh satuan jajaran Kodam I/Bukit Barisan untuk membantu tugas gugus percepatan penanganan covid-19 di wilayahnya masing-masing. “Para Dansat harus melaksanakan anjuran pemerintah dalam memerangi covid-19 dan memutus rantai penyebaran virus corona. Yakni menerapkan social dan physical distancing maupun pola hidup sehat. Senantiasa gunakan masker, jaga jarak, hindari tempat keramaian dan jaga kebersihan diri dengan mencuci tangan,” katanya menegaskan. (rel/Aziz Panjaitan)

banner 521x10

Komentar