oleh

Aplikasi Jogo Wargo, Bisa Lapor Polisi Secara Online

INILAHONLINE.COM, SEMARANG

Perkembangan teknologi Informasi yang semakin maju ini, membuat Kepolisian Jawa Tengah meluncurkan sebuah aplikasi layanan masyarakat bernama “Jogo Wargo Jogo Negoro”. Menurut rencana mau diluncur kan Minggu (13/10/2019) bersamaan Care free day di Lapangan Simpanglima Semarang.

Aplikasi sistem manajemen informasi laporan elektronik (Smile) Police tersebut, bakal mencakup beberapa fitur yang dapat membantu masyarakat dalam menyampaikan informasi berbasis online dengan cepat atau pun menerima informasi dari kepolisian.

“Aplikasi ini sudah pernah di luncurkan pada 2017 lalu, tetapi aplikasi tersebut sudah di perbaharui, sehingga bisa membuat seluruh proses di Jawa Tengah terigrasi dengan satuan wilayah di daerah-daerah, “ungkap Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Islandar Fitriana Sutisna kepada awak Media dalam Konferensi Pers di Bidhumas Polda Jateng Jalan Pahlawan Semarang, Jumat (11/10/2019).

Menurut nya, aplikasi yang biasa disebut Jogo Wargo juga mengintegrasikan seluruh layanan yang dimiliki Polda Jateng, semua Polres, DPRD Jateng. Pemerintah provinsi, Dinas Kebakaran, Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi, dan Badan Nasional Penabggulangan Teroris (BNPT) Provinsi.

“Jadi isi dari New Smile Police ini memiliki Lima fitur yang bakal akrab terhadap masyarakat. Mulai dari menu pengaduan masyarakat, menu informasi warga meliputi informasi yang di sampaikan maupun di dapatkan oleh warga. Kecuali menu panic button meliputi, pengaduan informasi laka Lantas maupun kiriminal, menu kegiatan agenda kepolisian dan menu agenda Kapolda Jateng, “ungkapnya.

Dari Lima fitur menu ini, lanjut nya, masyarakat bisa membuat pengaduan dengan cepat menerima maupun memberikan informasi ke atau dari kepolisian.

“Yang jelas masyarakat diminta mengabarkan tindak kiriminal atau kejadian laka Lantas, menu agenda kepolisian atau menu kegiatan Kapolda,” paparnya.

Dia menambahkan, hadir nya aplikasi ini bertujuan memberikan kemudahan kepada masyarakat Jateng yang membutuhkan pelayanan polisi dengan cepat.

“Masyarakat dapat mudah mengakses, mengetahui layanan serta informasi dari kepolisian, “tutupnya.

Selain itu juga disediakan pelayanan online meliputi e-learning, e-bhabinkum-tibmas, trust, e-complain e-office atau administrasi online, e-filing, dan juga smart recident.

“Jadi contohnya ada masyarakat melihat kejadian kiriminal atau kecelakaan dengan cepat melaporkan. Sekiranya ada 4 tahap setelah klik menu yang ada dengan mencantumkan identitas sesuai KTP. Ada pula fitur komentar pada menu agenda Kapolda,” ujarnya.

New Smile Police juga bakal hadir di play store maupun App Store berbasis Global Positioning System (GPS) dan diunduh secara gratis.

(Suparman)

Komentar