Arus Mudik Dimulai, Bima Arya Cek Kondisi Pengemudi hingga Bus

INILAHONLINE.COM, BOGOR

Satu pekan jelang Idul Fitri 1440 H / 2019 M, Wali Kota Bogor Bima Arya bersama jajaran Muspida melaksanakan inspeksi keselamatan atau ramp check di Terminal Baranangsiang Kota Bogor, Jumat (31/5/2019).

Kegiatan ini menurut Bima Arya merupakan kegiatan rutin setiap tahun mendekati idul fitri untuk memastikan kelaikan kendaraan dalam kondisi baik untuk mengangkut warga mudik.

“Kelayakan ini untuk memastikan semuanya, mulai dari hal-hal kecil diantaranya lampu sein, wiper, rem, ban dan lain lainnya. Sampai yang paling utama, kondisi pengemudinya. Bagi kendaraan yang tidak layak, tidak diizinkan untuk jalan. Jika kedapatan ada kendaraan yang tidak layak jalan tetap beroperasi, Perusahaan Otobus (PO) akan kita beri peringatan. Jangan sampai dipaksakan,” tegas Bima yang didampingi Kapolresta Bogor Kota Kombes Hendri Fiuser, Dandim 0606/Kota Bogor Letkol Czi Aji Sujiwo, Dandenpom III/I Bogor Letkol Cpm Sony Yusdarmoko dan Kepala Dinas Perhubungan Kota Bogor Rahmawati.

Selain mengecek kondisi bus, para Muspida juga mengunjungi pos pemeriksaan kesehatan. Di posko tersebut Bima Arya sempat menanyakan salah seorang pengemudi, mulai dari waktu istirahatnya, tensi darah, urine dan lain-lain. Melalui pemeriksaan keselamatan, Bima berharap bisa meminimalkan faktor kecelakaan.

Sebelum melaksanakan ramp check, Bima bersama Kapolres Bogor Kota, Dandim 0606 Kota Bogor serta Dandenpom III/1 Bogor, melaksanakan pemantauan kondisi arus lalu lintas terkini yang menurutnya belum ada penumpukan kendaraan arus mudik.

“Melalui layar monitor, terlihat di beberapa titik terlihat padat dampak banyaknya warga yang berbelanja di pusat Kota Bogor,” kata Bima.
Bima memprediksi Kota Bogor mulai ramai H+2 atau H+3 idul fitri, mengingat pasca Lebaran Kota Bogor akan menjadi tujuan wisata bagi warga untuk menghabiskan masa liburan. Untuk itu, bersama unsur Muspida Kota Bogor, Bima mengajak untuk siaga dalam mengantisipasi.

Pada kesempatan itu, Kapolresta Bogor Kota menyampaikan himbauannya kepada warga yang akan mudik untuk memastikan keamanan rumah agar memberitahu kepada tetangga, RT maupun aparatur wilayah setempat. Selain itu pastikan sambungan listrik maupun gas, dalam keadaan tidak aktif.

Bagi warga Kota Bogor yang akan mudik dan ingin menitipkan kendaraannya, Kapolresta Bogor Kota mengizinkan untuk menitipkannya di Polresta maupun Polsek terdekat.

“Kalau memang ada warga yang ingin menitipkan, silahkan, kita akan jaga dan amankan. Tapi sejauh ini secara kebijakan belum ada,” pungkas Kombes Pol Hendri Fiuser.

(Periksa Ginting)

banner 521x10

Komentar