oleh

Aslog Panglima TNI: MLTT Tingkatkan Pemahaman Dukungan Logistik Timbal Balik TNI dan ADF

INILAHONLINE.COM, JAKARTA

Mobile Logistic Training Team (MLTT) merupakan wadah untuk meningkatkan pemahaman yang lebih baik terhadap penerapan dan pemanfaatan Mutual Logistics Support Arrangement (MLSA) dalam mendukung tugas operasi dan latihan bagi perwira TNI dan ADF.

Demikian sambutan Asisten Logistik (Aslog) Panglima TNI Marsda TNI Kukuh Sudibyanto yang dibacakan oleh Paban VIII Sisbang Slog TNI Kolonel Laut (S) Erjawan, SE., didampingi oleh Perwira Staf Atase Pertahanan Australia Commander (Navy) Michael Ryan pada pembukaaan pelatihan MLTT ke-5 Tahun 2019 yang diikuti oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Australia Defense Force (ADF), bertempat di Hotel Santika, TMII, Jakarta Timur, Senin (5/8/2019).

Aslog Panglima TNI mengatakan bahwa MLTT merupakan bagian dari kegiatan kerjasama logistik antara TNI dan ADF yang diselenggarakan oleh Joint Logistics Sub-Committee (JLSC).

“JLSC merupakan Sub Komite Kerjasama TNI-ADF bidang logistik dan berada langsung di bawah naungan Ausindo High Level Committee (Ausindo HLC) yang diresmikan pada tanggal 4 April 2013 oleh kedua Panglima Angkatan Bersenjata” ucapnya.

Selanjutnya Marsda TNI Kukuh Sudibyanto menyampaikan, untuk meningkatkan hubungan kerjasama bidang logistik TNI-ADF, JLSC menyetujui penyusunan pengaturan dukungan logistik timbal balik balik “Mutual Logistics Support Arrangement (MLSA)” pada tanggal 26 September 2014 yang telah diperbaharui dan ditandatangani pada tanggal 26 Maret 2019 dalam kegiatan pertemuan JLSC ke-6 Tahun 2019 di Jakarta.

“Dalam MLSA tersebut kedua Angkatan Bersenjata sepakat untuk saling membantu dalam bidang logistik melalui mekanisme dukungan logistik timbal-balik dalam kegiatan latihan bersama, keadaan darurat, maupun kegiatan kerja sama lainnya yang telah disepakati secara bersama”, pungkasnya.

Di akhir sambutannya, Aslog Panglima TNI berharap agar ilmu yang diperoleh dalam pelatihan tersebut dapat berguna pada penugasan prajurit TNI dalam rangka peningkatan pengetahuan dukungan logistik.

Semantara itu Commander (Navy) Michael Ryan menyampaikan bahwa MLTT sangat berguna untuk membangun kerjasama yang saling menguntungkan antar negara dalam hal logistik. Logistik merupakan salah satu unsur yang sangat penting dan sentral dalam keseluruhan pelaksanaan operasi militer.

“Oleh karena itu perlu dibangun kerjasama logistik TNI dan ADF yang diselenggarakan oleh Joint Logistics Sub-Committee (JLSC)”, ucapnya.

(Taruna Jaya Ginting)

Komentar