oleh

Baharkam Polri dan Astafsus Wapres Panen Raya Bersama FKDB

INILAHONLINE.COM, CIREBON

Badan Pemeliharaan Kemanan (Baharkam) Polri dan Asisten Staf Khusus (Astafsus) Wapres RI panen Raya Bersama Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB) bertajuk “FKDB ON FARM”, di dusun Pecarikan, desa Jagapura Wetan , Kecamatan Gegasik, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Senin (18/5/2020).

“Sinergitas antara Polri, Astafsus Wapres RI dan FKDB dalam melakukan panen raya, diharapkan dapat mewujudkan Ketahanan Pangan Ekonomi Mandiri,” ujarn Korbinmas Baharkam Polri, Brigjen Pol Drs. H. Tajudin

Menurutnya, Polri memiliki program Ekonomi Mandiri Pangan untuk memenuhi kebutuhan pangan sendiri serta untuk mewujudkan kehadiran Polri ditengah tengah masyarakat dalam rangka untuk membantu meringankan beban warga masyarakat yang terkena dampak Covid-19.

“Dengan cara mengajarkan tehnik budi daya tanam padi yang efektif dan efisien, maka upaya ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pangan sehari hari,” terang Tajuddin.

Dalam kesempatan itu juga, Korbinmas Baharkam Polri itu berulang kali mengingatkan kepada masyarakat, agar tetap mematuhi aturan Pemerintah yang memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang telah diterapkan oleh pemerintah. Selain itu, ia menghimbau kepada masyarakat tetap mengikuti protokol kesehatan, yakni dalam rangka untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona yang telah banyak memakan korban meninggal.

“Kunci untuk melawan virus Corona adalah tetap dispilin mengikuti protokol kesehatan dan menerapkan pola hidup bersih serta tetap melakukan social dan physical distancing atau menjaga jarak aman fisik dengan ornag lain,” tuturnya.

 

Lebih jauh Tajuddin menjelaskan, protokol kesehatan yang dimaksud diantaranya, seperti tetap tinggal dirumah, menunda mudik, menggunkan masker, rajin membasuh tangan dengan hand sanitizer dan cuci tangan yg bersih dengan sabun, mandi dengan menggunkan air bersih setelah bepergian keluar rumah.

“Untuk mencegah penyebaran virus Corona-19, tidak ada cara lain kecuali patuh dan taat terhadap aturan pemerintah yang sudah ditetapkan untuk menghentikan penyerabaran virus Covid-19 ini,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB) H Ayeb Zaki SE yang memiliki sejumlah uasaha bisnis diseluruh Indonesia, yang salah satunya sektor usaha yang bergerak dibidang ekonomi ketahanan pangan.

Di awal tahun 2020 FKDB membuat program pertanian yang masuk Progres On Farm untuk meningkatkan hasil pertanian yang diselaraskan dengan program Ekonomi Mandiri Pangan Korbinmas Baharkam Polri yang diedukasi oleh anggota Bhabinkamtibmas desa Jagapura Wetan Kecamatan Gegesik Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

“Berawal dari keberhasilan bripka Heru Susanto Bhabinkamtibmas desa Jagakarsa wetan menanam padi di lahan milik masyarakat petani dusun Pecarikan desa Jagapura wetan Kecamatan Gegasik Kabupaten Cirebon, maka selanjutnya Korbinmas Baharkam Polri menjembatani Bhabinkamtibmas bekerjasama dengan Astafsus Wapres RI,” terangnya.

“Adapun tugas FKDB dalam kegiatan panen raya, untuk mengedukasi cara budi daya padi kepada masyarakat petani untuk memenuhi kebutuhan sehari hari yang hasilnya dapat mendukung Ketahanan Pangan Ekonomi,” ungkap Ayeb Zacki.

Dalam acara panen raya sinergitas yang melibatkan FKDB dengan Korbinmas Baharkam Polri tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat antara lain, Dirbintibmas Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Pol Drs. H Tajuddin MH, Kasubdit Bhabinkamtibmas Korbinmas Baharkam Polri Kombes Pol Drs Suroso Miharjo, SH, MH, Kasubdit Polmas Korbinmas Baharkam Polri Kombes Pol Iwan Setiawan, SH,.SIK,M.Hum, Kapolresta Cirebon Kombes Pol M. Syahdudi SIK.

Selain dari unsur Polri, kegiatan panen raya ini juga dihadir oleh Ketua Umum FKDB, H. Ayep Zaki, S.E, Astafsus Wapres RI, H. Iksan Abdullah, SH, MH, Kadiv. Pengadaan Bulog Drs Slamet Zaini MM, Pimpinan Wilayah Bulog Benhur beserta Kacab Bulog Cirebon, Ramadin.

(NP/Red)

Komentar