oleh

Bambang Kribo, Ferry Wawan Cahyono, Sukirman Dipastikan Sebagai Ketua dan Wakil DPRD Jateng

INILAHONLINE.COM, SEMARANG

Setelah dilantik menjadi anggota DPRD Jateng periode 2019-2024, kini susunan unsur pimpinan belum terbentuk secara definitif meski unsur pimpinan sementara sudah terbentuk. Bambang Kribo (PDIP) sebagai Ketua dan Sukirman (PKB) sebagai Sekretaris.

DPD Golkar Jawa Tengah mrekomendasikan Ferry Wawan Cahyono sebagai Wakil Ketua DPRD Jateng. Adapun untuk jabatan Ketua Fraksi ditunjuk Muhammad Saleh. Ferry saat ini masih menjabat sebagai Sekretaris DPD Partai Golkar, Sementara Saleh sebagai Bendahara partai.

Ketua Harian DPD Partai Golkar Jateng Iqbal Wibisono mengatakan, sesuai ketentuan Golkar berhak mendapat satu kursi pimpinan di DPRD Jateng, karena menduduki peeringkat ke empat perolehan kursi Terbanyak.

Sementara jumlah kursi ketua/wakil ketua DPRD Jateng berjumlah Lima.
“Sudah jelas Wakil Ketua masih Pak Ferry dan Ketua Fraksi sebelumnya Pak Masfui nanti diganti Pak Saleh. Ini sudah pasti,” kata Iqbal di Semarang, kemarin.

Menurut Iqbal, dengan perolehan 12 kursi di DPRD Jateng, kemungkinan besar juga akan mendapatkan jatah kursi alat kelengkapan DPRD.” Kalau alat kelengkapan lainnya biar Teman-teman lainnya yang mengisi, “katanya.

Partai PDIP Jateng menjadi parpol pertama yang telah menetapkan nama Bambang Kribo panggilan akrab nya sebagai Ketua DPRD Jateng. Hal itu diperkuat dengan perolehan jumlah kursi sebanyak 42 kursi.

“Karena Bambang Kribo sebagai Sekretaris DPD PDIP Jateng, secara otomatis menjadi pimpinan DPRD Jateng. Selain itu, dia juga berpengalaman sebagai Ketua DPRD Kabupaten Semarang selama dua periode,” ujar Bambang Wuryanto Ketua DPD PDIP Jateng ini.

Sementara DPW PKB Jateng bersama PWNU Jateng telah menunjuk Sukirman menjadi wakil Ketua DPRD Jateng dan Ketua Fraksi dipercaya kan kepada Syariah Abdillah.

Sebelum melaksanakan kinerja wakil rakyat yang berfungsi sebagai legislasi, pengawasan dan pegang garang sebanyak 242 legislator PKB di Tingkat kabupaten/Kota dan provinsi, dilakukan baiat oleh Rois Syuriah PWNU Jateng KH Ubaidillah Shodaqoh.

Dalam baiatnya meminta para wakil rakyat dari PKB supaya bisa menjaga marwah NU maupun partai dalam menjalankan tugas.

“Saya minta legislator PKB harus bisa menjaga nama baik NU dan partai, serta jangan melakukan perbuatan tercela,” pintanya.

(Suparman)

Komentar