Berawal dari Kegemaran, GM IT Sentul City Ini Sering Melakukan Eksperimen Kopi

12/01/2018 13:02:38 Kategori: ,

InilahOnline.com (Sentul-Kab Bogor) - Bermula dari kegemarannya meminum kopi, seorang General Manager Information technology (GM IT) PT Sentul City Tbk, Muliadi Widodo bereksperimen untuk menciptakan kopi enak. Rasa cintanya meminum kopi menjadi alasan kuat untuk meneliti kopi hingga menjadi barista.

"Saya suka meminum kopi apa saja untuk sekedar mengetahui rasa, kopi itu identik dengan rasa pahit dari rasa penasaran itu, saya bereksperimen bagaimana caranya menciptakan kopi enak yang langsung dari biji kopi itu sendiri," tutur Muliadi Widodo kepada InilahOnline.com saat ditemui di acara FDG Kota Ramah Air, Taman Budaya Sentul City, Sentul, Kabupaten Bogor, pada Selasa (9/1/2018).

Selain menjadi GM IT di Sentul City, dirinya sering melakukan riset tentang kopi untuk sekedar menacari dan merasakan mana saja kopi yang layak bisa disajikan untuk diminum dan bagaimana dirinya harus menciptakan kopi yang enak dan pas sesuai selera penikmat kopi.

"Dari kegemaran meminum kopi inilah, saya sampai keluar kota dan bahkan keluar negri hanya ingin tau rasa kopi mana yang enak menurut saya," ungkap pria yang merupakan lulusan Universitas Bina Nusantara, Jakarta.

Diakui pria yang sekarang mengendalikan kebijakan teknologi informasi di Sentul City dan seluruh server yang ada di Sentul City dari mulai input data sampai aplikasi mengatakan, dirinya pernah kursus barista kopi hingga mendapatkan sertifikat barista.

"Dari hasil kursus saya pernah membuka kedai kopi tetapi tidak besar, hanya sekedar menyalurkan kegemaran penikmat kopi," aku pria pengoleksi hewan berbisa dari berbagai jenis.

Namun demikian, lanjut dia, sampai saat ini dirinya masih mencari biji-biji kopi yang terbaik di bumi nusantara ini setelah beberapa kali dirinya melakukan penelitian kopi masih belum menemukan kopi mana yang menurutnya cukup enak dan harum.

"Jika saya sudah mendapatkan biji kopi yang bagus dan pas, pasti saya akan mengolah sendiri dan saya akan jual ketempat lain," katanya.

Selain dari hobi bereksperimen kopi, Muliadi juga punya kegemaran lain yakni mengoleksi ular seperti jenis ular colubride milksnake, sudah sepuluh ekor ular yang dikoleksinya warna kuning dan coklat.

"Saya sering diminta pihak Sentul City untuk mengajarkan bagaimana caranya menangkap ular dan bagaimana cara mengetahui ular yang berbisa dan ular yang tidak berbisa," pungkasnya. (ian)