oleh

Berikan Rasa Aman, Puluhan Polisi Pekalongan Amankan Festival Durian Lolong

INILAHONLINE.COM, PEKALONGAN

Puluhan personel Polres Pekalongan melakukan pengamanan di beberapa tempat atau lokasi dalam acara Festival Durian Lolong 2020 di Wisata Alam La Ranch Desa Limbangan Kecamatan Karanganyar, Minggu (9/2). Hal itu untuk memberikan rasa aman dan mengantisipasi hal-hal tidak dinginkan, baik tindak pidana maupun kejadian tidak terduga.

Kapolres Pekalongan AKBP Aris Tri Yunarko, S.I.K., M.Si mengatakan, kunjungan masyarakat dalam festival wisata durian ini mencapai puncaknya yakni mencapai ribuan orang. Sebab momen ini bertepatan dengan melimpahnya panen raja buah di desa setempat.

 

“Kami dari kepolisian bersama penyelenggara dan pengelola tempat wisata serta masyarakat yang mengunjungi wisata mengutamakan keamanan dan keselamatan, karena tanpa kebersamaan tentu akan sulit mewujudkannya. Ini semua kami lakukan untuk memastikan keamanan masyarakat,” ujarnya.

Dia melanjutkan, selain melakukan pengamanan di tempat inti festival, pihaknya juga melakukan pengamanan jalur baik masuk maupun keluar arena untuk kelancaran lalu lintas. Untuk mencegah hal tidak diinginkan, sejumlah petugas telah memberikan imbauan untuk masyarakat agar tetap waspada menjaga barang-barang berharganya serta selalu menjaga keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas) secara kondusif.

”Alhamdulillah pelaksanaannya berjalan lancar dan aman. Saya juga mengapresiasi kegiatan festival durian ini yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Pekalongan,” ucapnya.

Sementara itu, dalam festival ini juga dihadiri oleh Bupati Pekalongan Asib Kholbihi, Walikota Pekalongan Zaelani Mahfud, Kapolres Pekalongan AKBP Aris Tri Yunarko, Dandim 0710 Letkol Infantri Arfan Johan Wihananto, Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Hindun, Dinas Pariwisata Provinsi Jateng, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten dan Kota Pekalongan, Kepala SKPD, Forkompincam se Kabupaten Pekalongan, perwakilan Kepala Desa se Kabupaten Pekalongan serta tamu undangan.

Dalam festival yang rutin diadakan setiap tahunnya itu, juga dilaksanakan penilaian durian oleh Forkopimda Kabupaten Pekalongan, tidak terkecuali Kapolres Pekalongan sebagai juri yang ikut mencicipi durian favorit yang menjadi unggulan dari masing-masing petani durian di Kabupaten Pekalongan. Selain itu ada pula penilaian festival gunungan durian tingkat kecamatan se Kabupaten Pekalongan.

(Suparman)

Komentar