Berkuda, Cianjur Sumbang Dua Medali di Porda XIII 2018

12/10/2018 19:36:07 Kategori: ,

INILAHONLINE.COM, BOGOR

Pengurus Cabang (Pengcab) Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Kabupaten Cianjur dapat bersaing dengan daerah lain pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat ke XIII tahun 2018.

Hal itu dibuktikan dengan raihan dua medali. Yakni satu medali perunggu dan satu medali perak, Kamis (11/10) di Kabupaten Bogor. "Alhamdulillah kami berhasil mendapatkan satu medali perunggu pada Cabang Olahraga Berkuda Equestrian, padahal persiapannya hanya tiga bulan dan sarana untuk berlatih pun Cianjur tidak memiliki. Sedangkan daerah lain itu persiapannya sangat matang," ujar Ketua Pengurus Cabang (Pengcab) Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Kabupaten Cianjur H Joko Purwanto.

Joko mengatakan, medali perunggu yang diraih itu untuk kategori tim tunggang serasi (dressage) atas nama atlet Auria Irene Kansha dengan kuda bernama Keling, Mia Andika dengan kuda bernama Achiless, Muhammad Akbar Maulana dengan kuda bernama Camelias dan Muhammad Akbar Kurniawan dengan kuda bernama Malika.

Sedangkan medali perak, itu untuk kategori dressage junior perorangan yang diraih atas nama Muhammad Akbar Maulana dengan kuda bernama Camelias.

"Ini prestasi yang membanggakan bagi Kabupaten Cianjur. Karena meski kepengurusan baru diresmikan bulan April 2018 lalu, tapi Pordasi Cianjur sudah bisa bersaing di tingkat Provinis Jawa Barat. Dan kami berharap masih bisa meraih medali di kategori lainnya," ungkap Joko .

Pada Porda Jawa Barat 2018 ini, Kabupaten Cianjur mengirimkan perwakilan untuk lomba Berkuda Equestrian, yang terdiri dari 12 atlet. Ada tiga kategori lomba yang diikuti. Yaitu tunggang serasi (dressage) dan lompat rintangan (jumping) dan trilomba (eventing).

"Pelaksanaan lomba ini sampai tanggal 14 Oktober dan kami targetkan satu medali emas pada kategori jumping," ujar pria yang juga anggota DPR RI Komisi VII F-PPP Dapil Jabar III Kabupaten Cianjur dan kota Bogor ini.

Joko Purwanto menambahkan, untuk seluruh kebutuhan lomba, dirinya berusaha mandiri agar tidak membebani pemerintah Kabupaten Cianjur. Namun selama ini pihaknya terus bersemangat untuk memajukan dan mengharumkan nama Kabupaten Cianjur.

"Kami punya 12 atlet Cianjur untuk cabor Berkuda Equestrian. Kami harapkan kedepan adanya perhatian khusus Pemkab Cianjur dalam melakukan pembinaan atlet berpotensi dan atlet yang sudah berprestasi dalam kejuaraan," tuturnya.

(CJ/Dodi)