oleh

BI Berikan Beasiswa Kepada 50 Mahasiswa Universitas Muria Kudus

INILAHONLINE.COM, KUDUS

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng merealisasikan pemberian beasiswa kepada 50 mahasiswa Universitas Muria Kudus (UMK), setelah sebelumnya dilaksanakan penandatanganan perjanjian kerja sama progam pemberian beasiswa antara BI Jateng dengan dua perguruan tinggi.

Beasiswa akan diberikan kepada sebanyak 50 mahasiswa UMK dan bantuan berbagai pelatihan, serta kegiatan untuk meningkatkan softskill para mahasiswa penerima beasiswa itu.

Kepala Kantor Perwakilan BI Jateng, Soekowardojo mengatakan pemberian beasiswa itu, sebagai upaya dukungan BI terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia, agar tercipta SDM unggul untuk ikut membangun menuju Indonesia maju.

”beasiswa INI diberikan juga untuk membantu mahasiswa yang berprestasi, namun terkendala biaya pendidikan yang tinggi, sehingga diharapkan dapat membantu kebutuhan selama menmpuh pendidikan,”paparnya.

Menurutnya, di Jateng sudah ada enam perguruan tinggi yang menerima beasiswa dari BI, terdiri Undip, Unnes, UIN Walisongo, IAIN Salatiga dan kini ditambahkan Universitas Tidar dan UMK.

“Total keseluruhan hingga saat ini sudah mencapai sebanyak 270 beasiswa, yang diberikan ke enam perguruan tinggi itu,” ujarnya, Kamis(12/9/2019).

Dia menjelaskan, beasiswa yang diberikan BI mulai biaya pendidikan, tunjangan hidup dan mahasiswa, akan mendapatkan berbagai fasilitas pelatihan untuk menunjang kapasitas mahasiswa.

”UMK akan membuat komisariat Generasi Baru Indonesia (GenBI),” tuturnya.

Sementara itu, Rektor UMK Dr Suparnyo SH MS mengucapkan, terimakasih kepada BI terkait kerja sama itu, mengingat kerja sama ini berupa pemberian beasiswa yang akan sangat membantu mahasiswa.

UMK, mememperoleh beasiswa untuk 50 mahasiswa, sehingga harus dilakukan seleksi terlebih dahulu. Secara internal, sudah dilakukan screening, karena memang harus sesuai dengan kriteria yang ditentukan oleh BI.

“Mahasiswa yang mendapatkan beasiswa tersebut akan mendapatkan Rp 1 juta setiap bulannya. Selain itu juga masuk dalam GenBI yang akan ada banyak kegiatan positif,” ujarnya.

Menurutnya, mahsiswa juga akan menjadi front liner yang mengkomunikasikan kelembagaan dan berbagai kebijakan BI kepada semua mahasiswa dan masyarakat umum.

Sedangkan dari GenBI diadakan berbagai pelatihan guna mencetak pemimpin muda diberbagai bidang dan tingkatan, serta mereka juga harus menjadi role model dikalangan pelajar, mahasiswa dan masyarakat.

”Merek harus benar- benar menjadi contoh dikalangan mahasiswa,”paparnya.

(Suparman)

Komentar