oleh

Bima Arya: Dasa Dharma Pramuka Jangan Hanya Dihafal, Tapi Amalkan

INILAHONLINE.COM, BOGOR

Wali Kota Bogor Bima Arya menjadi narasumber dalam acara Jumpa Tokoh pada Jambore Cabang (Jamcab) ke-VI Pramuka Kota Bogor di Rancabungur, Bogor, Jumat (4/10/2019). Bima Arya mengajak para seluruh anggota, pelatih dan pembina Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Bogor untuk mengaplikasikan Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka.

“Kalian anak paling beruntung karena menjadi anggota gerakan pramuka yang memiliki Dasa Dharma Pramuka. Syarat menjadi orang sukses ada di Dasa Dharma. Jangan hanya hafal tapi juga amalkan,” ungkap Bima Arya

Dasa Dharma pertama mengajarkan agar bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai modal dasar dalam berupaya meraih cita-cita. Lalu Dasa Dharma lainnya adalah cinta alam dan kasih sayang sesama manusia, patriot yang sopan dan kesatria, patuh dan suka bermusyawarah, eela menolong dan tabah, rajin, terampil dan gembira, hemat, cermat dan bersahaja, disiplin, berani dan setia, bertanggung jawab dan dapat dipercaya serta suci dalam pikiran, perkataan maupun perbuatan.

“Secara umum apa yang terkandung dalam Dasa Dharma merupakan nilai-nilai kebaikan yang akan membentuk anggota pramuka menjadi seorang yang baik dan berkarakter dalam menghadapi tantangan dalam kehidupan. Hidup ini cerita tentang orang-orang hebat dan sukses karena disiplin. Jujur dan amanah menjadi kunci, harus selalu optimis, berpikir dan bertindak positif,” jelasnya.

Dalam sesi pertanyaan yang merupakan penutup acara Jumpa Tokoh, sejumlah peserta menyampaikan ragam pertanyaan, mulai dari tips untuk meraih sukses, riwayat pendidikan dan pengalaman hidup hingga tantangan menjadi Wali Kota Bogor.

“Tepati janji, satu kata dan perbuatan, selalu menjadi pemimpin amanah, pemimpin harus dekat dengan warganya. Hidup hanya sekali, harus punya arti. Dimana ada kemauan disitu ada jalan. Hafalkan dan amalkan Dasa Dharma Pramuka,” ungkap Bima.

Sebelum meninggalkan perkemahan Jamcab Ke-VI Kota Bogor, Bima Arya didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) sekaligus Ketua Kwarcab Kota Bogor Ade Sarip Hidayat, Kepala Dinas Pendidikan Fahrudin serta para Camat, menyempatkan diri melihat dan mengecek tenda para peserta Jamcab, serta melaksanakan ibadah sholat maghrib berjamaah.

(ian Lukito)

Komentar