oleh

Blok F Pasar Kebon Kembang Siap Soft Launching Bulan November 2020

INILAHONLINE.COM, BOGOR

Pembangunan Blok F Pasar Kebon Kembang yang berlokasi di Jalan Dewi Sartika telah mencapai 73 persen. Hal ini diketahui usai Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim didampingi Direktur Perumda Pasar Pakuan Jaya Muzzakir meninjau progres pembangunan Blok F, Rabu (16/9/2020).

Jika tidak ada halang melintang pembangunan Blok F diperkirakan akan rampung Februari 2021 mendatang. Meski begitu, pada November nanti akan terlebih dahulu digelar soft launching.

“Hasil peninjauan sudah selesai hampir 73 persen, semoga November bisa melakukan soft opening agar pembangunan lanjutan khususnya yang ada di sekitar luar gedung bisa dilaksanakan,” ujar Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim.

Dedie mengatakan, pembangunan lanjutan di sekitar luar gedung terkait dengan beberapa utilitas, saluran air, fasat, landscape dan sarana prasarana lainnya yang posisinya sekarang dipakai Tempat Penampungan Sementara (TPS) eksisting, sehingga pedagang yang ada di TPS harus lebih dahulu masuk ke lantai 1 Blok F.

“Kalau dilihat dari struktur secara konstruksi dari lantai 1 sampai 4 sudah selesai, tinggal finishing, detail interior, lift, eskalator dan ini sangat representatif,” kata Dedie.

Tak ayal, menurut Dedie, Blok F ini memungkinkan juga untuk menampung PKL Dewi Sartika yang direlokasi ke Jalan Nyi Raja Permas beberapa waktu lalu.

Dengan PKL dipindah ke Blok F, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan melakukan penataan secara menyeluruh mulai dari pasar, alun-alun Kota Bogor dan juga Masjid Agung. Termasuk usulan menyambungkan Blok F dengan Masjid Agung. Mengingat sarana perparkiran di Blok F bisa turut dimanfaatkan jamaah masjid.

“Supaya nanti tidak kehujanan, ada usulan membuat jembatan dari Blok F ke Masjid. Ini yang akan dikaji bersama PUPR,” imbuh Dedie.

Di tempat yang sama, Direktur Utama Perumda Pasar Pakuan Jaya, Muzzakir mengatakan, pada saat soft launching November nanti, pihaknya akan mengupayakan pedagang eksisting yang sekarang ada di TPS masuk ke lantai satu. Pihaknya pun menjamin keamanan, ketertiban dan kebersihan Blok F lantai 1 sekalipun masih ada proses pembangunan di sisi luar gedung.

“Ada 178 pedagang eksisting. Terkait PKL akan ditempatkan di lantai 1 dan 2 dengan jumlah kuota sekitar 300 dan PKL bisa segera mendaftar,” katanya. (Ian Lukito)

Komentar