oleh

BPK RI Tingkatkan Bilateral dengan SAI Tazania

INILAHONLINE.COM, TANZANIA

Wakil Ketua BPK, Bahrullah Akbar dan Anggota V BPK, Isma Yatun melaksanakan kunjungan ke National Audit Office of Tanzania (NAOT) di Dar Es Salaam, Tanzania pada 17-18 Juli 2019.

Hal tersebut dilakukan dalam rangka membangun kerja sama bilateral antara BPK dengan SAI Tanzania.

Adapun kunjungan ini bertujuan mempelajari pengalaman NAOT menjadi anggota UN Board of Auditor (UNBoA) dan juga dalam pelaksanaan peer review di lingkup Afrosai.

Dalam kesempatan ini, Wakil Ketua BPK dan Anggota V BPK berkesempatan untuk melakukan courtesy call kepada Controller and Auditor General (CAG) of Tanzania, Mussa Juma Assad.

Wakil Ketua BPK, Bahrullah Akbar menyampaikan bahwa, BPK ingin mempelajari pengalaman NAOT sebagai UN external auditor antara lain pernah menjabat sebagai Ketua UN Board of Auditors (UN BoA) periode 1 Januari 2015 s.d. 31 Desember 2016 dan observer pada UN Panel of External Auditor.

“BPK sendiri memiliki pengalaman sebagai external auditor pada Badan Energi Atom Internasional (IAEA) sejak 2016 dan diperpanjang hingga 2019,” ujarnya, Senin (22/7).

BPK juga menggunakan kesempatan ini untuk mempelajari pengalaman peer review di NAOT. Karena peer review merupakan alat untuk menjamin kualitas aspek audit dan kelembagaan SAI, yaitu dalam melaksanakan pemeriksaan dan tata kelola yang sesuai dengan standar profesional.

“Selain itu, peer review juga dapat memberikan dasar untuk mengelaborasi rencana strategis SAI,” terangnya.

Kegiatan ini ditutup dengan diskusi scoping terkait bidang-bidang potensial untuk kerja sama kedua SAI di masa mendatang, antara lain rencana penyusunan MoU yang akan mencakup kerja sama dalam area pemeriksaan SDGs, pemeriksaan extractive industries, implementasi ISSAI, dan area lain yang dapat diputuskan bersama.

Pada kesempatan itu, Wakil Ketua BPK juga menyampaikan undangan WGEA International Forestry Auditing yang akan dilaksanakan 16-20 September 2019 di Indonesia.

Wakil Ketua dan Anggota V BPK juga berkesempatan untuk melaksanakan courtesy call kepada Duta Besar LPBB RI untuk Republik Tanzania, Ratlan Pardede, yang menyambut baik kedatangan delegasi BPK ke Tanzania.

(Red)

Komentar