oleh

Buktikan Bakti Pada Negeri, Paguyuban Social Project Bali Gelar Donor Darah

INILAHONLINE.COM, DENPASAR-BALI — Setelah sukses menggelar acara donor darah tiga kali berturut-turut dan sebagai bagian dari insan anak muda yang peduli terhadap sesama. Paguyuban Social Project Bali kembali mengadakan agenda donor darah untuk kali keempat. Agenda donor darah Paguyuban Social Project Bali dilaksanakan pada hari Sabtu (4/9/2021).

Lokasi kegiatan donor darah dipusatkan di Wantilan DPRD Provinsi Bali di Jl. Dr. Kusuma Atmaja No. 3, Niti Mandala, Panjer, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali. Dalam kegiatan donor darah ini Paguyuban Social Project Bali berkolaborasi dengan PMI (Palang Merah Indonesia) Provinsi Bali, Komunitas Leo Club Bali Shanti , Komunitas Turun Tangan Bali, Komunitas Gada Bali,ACT MRI Bali, dan komunitas pegiat sosial yang ada di Bali.

Selain itu juga agenda donor darah Vol 4 didukung Forkom OSIS SMA/SMK Denpasar, KSR-PMI Guna Bhakti Universitas Warmadewa, KSR-PMI Kusuma Mandala STIKes Wira Medika Bali, KSR-PMI Institut Teknologi dan Kesehatan Bali, KSR-PMI Widya Bhakti Stikom Bali, KSR-PMI Bhakti Persada Universitas Internasional Bali, KSR-PMI Poltekes Kemenkes Denpasar, KSR-PMI Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, KSR-PMI Ganesha Dharma Unmas Denpasar , Elemen Polri dan TNI setempat.

Dalam sejarah penyelenggaraan donor darah yang diadadakan Paguyuban Social Project Bali berhasil memecahkan rekor peserta terdaftar 254 calon pendonor dan berhasil mengumpulkan 197 kantong darah. Rata-rata pendonor adalah generasi millenial yang baru pertama kali melakukan transfusi darah secara sukarela. Meskipun peserta yang terdaftar banyak tentunya pihak panitia tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Calon pendonor yang tiba dilokasi wajib menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun di wastafel portabel yang disediakan pihak PMI Bali, dan diukur suhu tubuhnya sebelum donor darah. Petugas yang mengambil darah calon pendonor juga menggunakan masker medis, APD dan Face Shield sehingga peserta yang mendonorkan darahnya aman dan nyaman.

Sembari menunggu registrasi dan proses mengukur tekanan darah, cek Hb, wawancara riwayat kesehatan dan tekanan darah. Calon peserta donor darah dihibur lantunan lagu merdu dari artis-artis Bali diantaranya Ayu DwiGita, Andy Robokan, Eka Swastika, Dee Boy Pande dan Krisna Pranata. Agenda donor darag Vol 4 Paguyuban Social Project Bali bertepatan dengan HUT PMI yang ke-76. Pihak penyelenggara juga menyiapkan roti tart secara simbolis kepada pihak PMI Bali. Untuk membangkitkan rasa nasionalisme di awal acara dikumandangkan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan mengheningkan cipta.

Kesuksesan acara Donor Darah Vol 4 tak lepas dari tangan dingin para pengurus yang terlibat didalamnya. Ketua Paguyuban Social Project Bali yaitu I Gusti Putu Arya Utama, mengatakan agenda donor darah Vol 4 yang diselenggarakan Paguyuban Social Project Bali (SPB) banyak peningkatan dari sebelumnya.

“Kegiatan donor darah SPB volume 4 ini terasa begitu istimewa karena bertepatan dengan momentum HUT PMI ke 76. Selain itu dari segi hasil antusias masyarakat untuk donor darah cukup tinggi terbukti dari 254 calon pendonor berhasil mengumpulkan 197 kantong darah” ungkap pemuda yang akrab disapa Arya.

“Tentu hal ini membuat kami bersyukur dan bangga karena dapat membantu PMI dalam pemenuhan stok darah yang mulai menipis selama pandemi ini. Terimakasih kepada semua pihak dari PMI, TNI-Polri, sponsor, media partner, panitia dan para peserta sekalian yang ikut serta menyukseskan acara kolaborasi kemanusiaan ini.” sambung Arya.

Para pendonor yang datang pun menilai acara donor darah SPB Vol 4 terasa berbeda. Seperti yang dikemukakan oleh Chintya Dewi dari Komunitas Penikmat Alam Bali

“Wow banget acara donor darahnya. Kami dihibur dengan para penyanyi yang merdu suaranya. Jadi kita gak bosen ketika menunggu giliran untuk donor” tutur gadis yang aktif di relawan Kambodja Rumah Belajar.

Peserta donor lainnya yang antusias bernama Akhmad Fikri yang berharap kedepannya kuota donor darah bisa lebih banyak lagi.

“Kuota untuk pendonor mudah-mudahan bisa lebih banyak lagi” ungkap pemuda Semester 5 yang aktif di IKLIM Poltekpar Bali.

Donor Darah Vol 5 Paguyuban Social Project Bali rencana akan digelar kembali Bulan Desember 2021. (Herdian Armandhani)

Komentar