oleh

Buktikan Jember Kota Religi, Pemkab Berikan Beasiswa Bagi Hafidz Maupun Hafifzah

INILAHONLINE.COM, JEMBER

Upaya membangun generasi unggul yaitu Generasi Qur’ani, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember, Jawa Timur terus melakukan bergagai terobosan. Diantaranya adalah memberikan Beasiswa bagi 387 Hafidz/Hafidzah tahun 2019.

Menurut Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR, selain beasiswa, mereka juga mendapatkan dukungan hak untuk memilih sekolah di Kabupaten Jember tanpa tes. “Hak ini dikawal oleh Pemkab Jember,” ujar Faida.

Lebih lanjut dia memaparkan para penghafal Al-Qur’an di Jember juga mendapatkan dukungan program lainnya. “Yaitu kupon transportasi untuk berangkat dan pulang ke sekolah,” beber perempuan kelahiran Malang, Jawa Timur.

Pihaknya juga menambahkan untuk yang SMA ke bawah mendapatkan bantuan personal sebesar Rp. 1,2 juta, karena SPP-nya sudah gratis. “Bagi keluarga yang di dalamnya ada penghafal Al-Qur’an minimal 1 Juz, mendapat dukungan jaminan kesehatan gratis dari Pemerintah Kabupaten Jember,” tandas wanita kelahiran 19 September 1968.

Saat ini Pemkab Jember, menurutnya juga memberikan dukungan penyambungan air bersih PDAM 4.000 sambungan gratis dengan penyambungan gratis. “Bagi para penghafal 30 juz yang tidak kuliah atau sudah bekerja, juga mendapatkan insentif khusus dari Pemerintah Kabupaten Jember,” terangnya.

Saat ini Pemerintah Kabupaten Jember saat ini juga sedang menuntaskan ratusan verifikasi penghafal Al Qur’an. “Maka untuk percepatan, tahap ini kita luncurkan lebih dulu, dan ini tidak ada kuota,” pungkasnya Bupati yang pernah dikabarkan menjadi salah satu menteri oleh Presiden Jokowi.

(CJ/Muh Nurcholis)

Komentar