oleh

Bupati Bekasi Instruksikan Perlunya Kerja Bhakti Untuk Menjaga Kebersihan Lingkungan

INILAHONLINE.COM, KAB. BEKASI

Bupati Bekasi H. Eka Supria Atmaja meninstruksikan kepada seluruh Camat, Kepala Desa, RW dan RT mengenai perlunya menggiatkan kerja bhakti di lingkungan masyarakat. Hal ini terkait dengan kegiatan kerja bhakti kembali diinstruksikan oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi sebagai wujud kehidupan bertetangga.

Instruksi Bupati Bekasi dalam rangka untuk menggiatkan kerja bhkati disambut dan direspon baik Serikat Media Siber Indonesia(SMSI) Berkasi Raya juga mendapat respon dari warga Desa Hegarmukti Kecamatan Cikarang Pusat Kabupaten Bekasi yang melakukan kegiatan kerja bhakti tersebut, Minggu (11/10/2020) siang.

“Ada banyak manfaat kerja bakti, baik bagi lingkungan dan kehidupan manusia. Selain, lingkungan menjadi bersih karena selalu terpelihara dan terawat, sumber penyakit, seperti malaria, demam berdarah bisa dihilangkan dan hal ini mengurangi kemungkinan penyebaran penyakit,” ucap ketua SMSI Perwakilan Bekasi Raya, Don Ardon.

Menurutnya, kegiatan kerja bhakti ini salah satunya untuk penghematan biaya, karena kegiatan ini dilakukan secara suka rela oleh warga tanpa harus membayar atau mengeluarkan biaya atau ongkos untuk membiayai kegiatan yang bersifat kebersamaan antar warga untuk bergotong royong

“Termasuk penghematan biaya, bila masing-masing warga mau menyumbang sedikit tenaga, maka tidak perlu lagi membayar ongkos petugas untuk membersihkan lingkungannya,” ucap Don Ardon.

Sementara itu, Ketua Ormas Barisan Taruna Cikarang Bangga Wiguna sangat megapresiasi dan mendukung dengan adanya kegiatan kerja bhakti yang melibatkan warga. Dengan bekerja bhakti, maka selain untuk membersihkan lingkungan juga kegiatan ini sebagai forum atau ajang silaturahmi dan komunikasi antar warga.

“Dengan ikut dalam kegiatan ini, warga yang satu bisa bertemu dan berbincang satu dengan lainnya. Hal itu akan memperkukuh silaturahmi antar warga,” kata Bangga Wiguna yang biasa dipanggil Bucong tersebut.

KERJA BHAKTI Warga antusias melakukan kegiatan kerja bhakti dilingkungannya

Hal senada juga diungkapkan Ketua RT.01 RW.12 Perumahan Puri Insani Desa Hegarmukti Kusnadi, bahwa dengan kerja bhakti membersihan dan menjaga lingkungan ini, akan membuat lingkungan menjadi nyaman dan indah. Dengan tidak adanya ilalang, taman tertata dengan baik, maka sebuah lingkungan akan menjadi enak dilihat dan nyaman

“Hampir seluruh masyarakat turun langsung membersihkan saluran tersumbat yang menyebabkan banjir di musim penghujan,” ucap Kusnadi.

Selain itu Kusnadi juga menuturkan, kegiatan kerja bakti di lingkungannya menjadi kewajiban bagi semua warga dengan konsekuensi bagi warga yang tidak bisa ikut kerja bhakti, maka atas kesepakatan warga maka mereka diminta secara sukarela dan kesadaran untuk memberikan iuran sumbangan sebesar 50 ribu rupiah per keluarga.

 

“Dalam giat ini, warga kita ingatkan betapa pentingnya menjaga kebersihan, karena dengan bekerja bhakti secara gotong royong diharapkan akan menciptakan lingkungan sehat dan layak huni, sehingga nyaman untuk ditempati warga,” kata Kusnadi.

Melalui kegiatan ini Kusnadi juga berpesan kepada seluruh warganya agar selalu menjadi pelopor dan agen kebersihan minimal di lingkungan atau dimanapun mereka tinggal, termasuk membersihakn dan menjaga kebersihan lingkungan kerja.

“Kebersihan adalah sebagian dari iman, dan semoga warga kami terhindar dari penyebaran virus Covid-19 yang saat ini menjadi pandemi hampir diseluruh dunia,” imbuhnya. (CJ/Don)

Komentar