Bupati Subang Tinjau Normalisasi Kali Batangleutik

Berita, Pantura334 Dilihat

INILAHONLINE.COM, SUBANG

Bupati Subang H.Ruhimat melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Sukasari, meninjau sejumlah titik kegiatan bersama rombongan pejabat Pemkab Subang diantaranya Asda I, Kepala Dispemdes, Kepala Bapenda, Kepala Dishub, Kabag Pemerintahan serta pejabat lainnya, Selasa (18/6) pekan lalu.

Titik lokasi kegiatan yang ditinjau, diantaranya pembangunan kantor kecamatan Sukasari, lokasi rencana pembangunan Puskesmas Batangsari dan meninaju lokasi normalisasi kali Pembuang Batangleutik atau Kali Tegaltike di Desa Batangsari.

Dalam rangkaian kunjungan kerjanya Bupati yang didampingi Camat Sukasari Heri Hermansyah, Sekmat Sukasari H.Agus Sonjaya, Kepala Desa Sukamaju H.Usup Sugiarto, Ketua BPD Desa Sukamaju Wahyu Nurjani, Kepala Desa Batangsari Tatang S, Ketua BPD Batangsari Dedi Sutarsan, Kepala Desa Sukareja Dedet Dartim, Bupati di hadapan awak media saat meninjau normalisasi kali pembuang Batangleutik mengutarakan, peninjauan secara langsung ini untuk memastikan kegiatan normalisasi bisa berjalan lancar, dimana merupakan hasil negosiasinya dengan BBWS, tentunya harus dikawal secara optimal agar tidak sia-sia.

“Meskipun saya masih baru menjabat ya, tapi saya tidak ingin melihat masyarakat disini kebanjiran, lalu ada pejabat datang kesini bawa mie bawa sembako, tidaklah. Tidak ingin seperti itu saya,” ucap Bupati.

Normalisasi juga dilakukan mengingat sedimentasi (Endapan lumpur-Red)dan penyempitan saluran sudah semakin terlihat. Apalagi, saat ini di wilayah Pantura akan kembali turun nyawah.

“Masalah kekeringan juga sering jadi keluhan petani, jadi betapa pentingnya normalisasi saluran bagi para petani,” jelas Ruhimat.

Menurut Bupati tahun 2019 ini dana pembangunan yang masuk ke kecamatan Sukasari ada sekitar Rp.12 Milyar, salah satunya untuk pembangunan Puskesmas Batangsari sebesar Rp.5 Milyaran.

Sementara itu, Camat Sukasari Heri Hermansyah menuturkan, rasa terimakasihnya atas kunjungan Bupati Subang sehingga bisa bertemu dan bersilaturahmi bersama aparatur desa, kecamatan serta warga masyarakat Sukasari.

“Saya sampaikan terimakasih, beberapa waktu lalu saya sempat sampaikan kepada beliau kapan datang ke Sukasari, tapi Alhamdulillah hari ini pak Bupati datang. Sebelumnya Beko juga yang diharapkan masyarakat telah datang lebih dulu, terimakasih pak Bupati,” ucap Heri.

Sementara itu Ketua BPD Desa Batangsari Tarsan menuturkan, normalisasi Saluran Pembuangan Batangleutik dilakukan sepanjang 2 KM dari mulai pintu air. Normalisasi dilakukan mengingat sedimentasi dan penyempitan saluran menjadi penghambat air. “Ini sedimentasinya diangkat, dan saluranya dibersihkan. Panjangnya sekitar 2 KM yang di normalisasi,” ucap Tarsan.

(Abdulah)

banner 521x10

Komentar