oleh

Cabor Berkuda dan Barongsai Targetkan Emas di Porda 2022

INILAHONLINE.COM, CIBINONG

Cabang olahraga Berkuda dan Barongsai Kabupaten Bogor targetkan perolehan medali emas pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat tahun 2022 mendatang. Hal ini diungkapkan Wakil Ketua Pengurus Cabang (Pengcab) Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PORDASI) Kabupaten Bogor dan Ketua Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Kabupaten Bogor saat berdialog di Tegar Beriman (Teman) Radio 95.3 Fm, Diskominfo Kabupaten Bogor, Selasa (21/7).

Wakil Ketua Pengcab Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PORDASI) Kabupaten Bogor, Andi Supriandi menjelaskan, Alhamdulillah cabor Berkuda kabupaten Bogor masih terus menorehkan prestasi terakhir kami sumbangkan enam medali emas pada tahun 2018. Dan pada Porda 2022 nanti kami kembali targetkan emas.

“Target kami saat ini adalah dua medali emas, hal ini karena ada masalah terutama soal batasan umur jadi kami harus membuat tim baru, karena beberapa atlet kami sudah melewati umur yang ditentukan”, terang Andi.

Andi menambahkan, atlet binaan kami yang masih ada berjumlah 8 atlet, tentunya kita ingin atlet yang berasal dari Kabupaten Bogor. Kalau pelatih kita punya pelatih nasional asal Kabupaten Bogor yang sekarang fokus melatih di klub masing masing. Namun, yang paling penting komunikasi antara pemilik kuda dengan Pengcab harus terus dijalin dengan baik.

“Saya melihat minat masyarakat pada olahraga berkuda memang masih kurang, mungkin karena Berkuda dianggap olahraga yang mahal. Padahal sebetulnya untuk ikut latihan berkuda relatif murah. Kami menyediakan semua fasilitasnya termasuk kuda dan pelatihnya. Untuk latihan berkuda ada di daerah Jonggol, kemudian ada di daerah Kranggan dan di Gunung Geulis”, paparnya.

Di bulan Desember, lanjut Andi, akan ada Kejurnas yang akan diikuti atlet berkuda Kabupaten Bogor. Kami berkomitmen untuk terus memperkenalkan olahraga berkuda kepada masyarakat sebagai upaya mencari atlet-atlet baru yang potensial.

Selanjutnya, Ketua Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Kabupaten Bogor Halim Yohanes menjelaskan, semenjak tahun 2013 Barongsai diakui menjadi cabang olahraga, perkembangannya di Kabupaten Bogor sangat pesat. Kini ada 40 klub di 15 kecamatan.

“Pada Porda 2022 mendatang, kami targetkan tiga medali emas akan kita raih untuk Kabupaten Bogor. Saat ini hanya ada sekitar delapan kabupaten kota di Jawa Barat yang punya cabor ini jadi peluang kami sangat besar. Dari 40 klub ada beberapa yang mendapat binaan khusus, dan sesuai keinginan bupati kita harus punya atlet yang tumbuh dari Kabupaten Bogor”, terang Halim.

Halim menambahkan, Barongsai ini yang tadinya hanya untuk hiburan kini menjadi olahraga yang dipertandingkan. Olehkarena itu kita secara terus menerus mensosialisasikan seperti apa teknis pertandingan, penilaian dan lain-lainnya kepada setiap klub Barongsai di Kabupaten Bogor. Kita juga membuka untuk masyarakat yang ingin bergabung di cabang olahraga Barongsai dengan syarat utamanya adalah warga Kabupaten Bogor.(Zack)

Komentar