oleh

Camat Cipunagara Sosialisasikan Pencegahan Covid-19

INILAHONLINE.COM, SUBANG

Untuk menindaklanjuti kebijakan Bupati Subang, Prop.Jawa Barat berkenaan Peningkatan kewaspadaan terhadap resiko penularan infeksi Corona Virus Desease (Covid-19) Camat Cipunagara Drs.Ubay Subarkah menggelar sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat di kalangan masyarakat khususnya para pemuda dan pelajar dalam mencegah dan menangkal virus corona dan penyakit covid-19, berlangsung di Aula SMP Negeri 1 Cipunagara, Kamis pekan lalu.

Kegiatan tersebut dihadiri para Kasi dan staf kecamatan, para Kepala desa se- Kecamatan Cipunagara, ibu-ibu TP PKK Kecamatan dan Desa, Kepala Puskesmas dan stafnya, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Cipunagara beserta guru-guru dan para siswa/siswi.

“Agar masyarakat kita menjadi paham bagaimana menyikapi penyakit yang disebabkan virus corona,  maka kami menggelar sosialisasi ini, salah satunya ada etika batuk, cuci tangan yangbaik dan benar. Selain itu bagaimana menaerapkan standar pencegahan Covid-19 di lingkungan instansi pendidikan, kesehatan, transportasi publik, terminal dan tempat-tempat umum lainnya. Adapun penyampaian materi secara lengkap nanti akan dipaparkan oleh unsur pegawai/dokter Puskesmas Cipunagara,” terang Ubay.

 

Nanti setelah informasi ini tersampaikan, pihaknya berharap perilaku hidup bersih dan sehat para pemuda, pelajar dan kita menjadi gaya hidup yang positif. Contoh, sebelum makan wajib cuci tangan sampai bersih, dengan cara mencuci tangan yang benar.Ujarnya.

Terhadap masyarakat, Camat melalui Kepala Desa menghimbau agar melaksanakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), mengihindari kontak fisik, menghindari tempat umum/keramaian/ruang publik apabila tidak ada kepentingan mendesak. Ditujukan pula bagi para pengelola fasilitas umum/tempat ibadah agar senantiasa membersihkan lingkungan secara rutin dengan cairan desinfektan.

Masih kata Camat, bagi tokoh/pemuka agama agar dapat memimpin doa bersama untuk memohon perlindungan kepada Tuhan YME supaya terhindar dari penularan Covid-19.

Sementara itu untuk mensikapi bencana penularan infeksi Covid-19 ini seluruh warga masyarakat di kecamatan Cipunagara dihimbau untuk tetap tenang dan senantiasa berdo’a kepada Tuhan YME. Dan Kepada para Kades agar melaporkan , apabila ada penduduk setempat yang baru datang/pulang dari daerah tertular Covid-19 dalam kurun waktu 14 (empat belas) hari terakhir kepada petugas kesehatan terdekat.

(Abdulah)

Komentar