oleh

Cegah Pandemi COVID-19, Warga RT 04/04 Kebon Pedes Swadaya Semprot Disinfektan

INILAHONLINE.COM, BOGOR

Pandemi Covid-19 telah membuat semua elemen masyarakat untuk turun tangan menyelesaikan masalah sosial yang ditimbulkannya. Cegah persebaran virus Corona warga jalan Muhajirin (Kampung Sawah) RT 04/04, Kelurahan Kebon Pedes, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Jawa barat melakukan penyemprotan cairan disinfektan secara menyeluruh ke rumah warga.

Amir Siregar sedang melakukan penyemprotan disinfektan disalah satu rumah warga

Ketua RT 04, Parmin, menuturkan bahwa ini sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah dalam menanggulangi pencegahan persebaran virus corona.

“Hari ini kami melakukan penyemprotan disinfektan seluruh rumah warganya untuk yang ketiga kalinya,” ungkap Parmin, Minggu (5/4/2020).

Kegiatan sendiri dimulai pada pukul 09.00 wib, memulai penyemprotan secara detail lokasi rumah dan lingkungan rumah.

Menurut Parmin, awal mula dilakukan penyemprotan dirinya tidak memiliki alat semprot dan cairan disinfektan, berkat dorongan warga yang meminta untuk melakukan penyemprotan di lingkungan RT 04. Akhirnya, ada salah satu warga yang inisiatif untuk meminjam alat semprot berikut isi cairan disinfektan. Kemudian Parmin mengalang donasi ala kadarnya kepada warga sambil rumahnya di semprot cairan disinfektan.

“Alhamdulillah setelah kita mengumpulkan donasi dari warga, kita bisa membeli alat semprot dan bahan untuk membuat cairan disinfektan,” beber Pria paruh baya ini yang sudah dua kali menjabat Ketua RT di Kampung Sawah Pacilong.

“Ini inisiatif warga, mendukung program pemerintah, sekaligus mencegah bahaya virus corona yang sudah pandemi,” sambungnya.

Hasil donasi warga, RT 04/04 kini memiliki alat penyemprot Disinfektan sendiri, relawan Medi Permedi saat akan mengisi disinfektan

Selain itu, cairan disinfektan yang disemprotkan ke rumah warga, ia racik sendiri atas petunjuk petugas ahli kesehatan dan bahan cairan itu mudah didapatkan ditempat warung sembako.

“Ada 3 bahan cairan yang kita pake. Diantaranya pembersih lantai (karbol). Pemutih baju, dan pewangi baju,” terang Parmin.

Menurut Parmin, carian disinfektan yang ia racik sendiri diyakini mampu membasmi bakteri yang menempel dibagian rumah rumah warga.

“Namun kita juga mengimbau pada masyarakat khususnya dilingkungan RT 04, agar mereka selalu menjaga pola hidup bersih dan sehat. Mudah mudahan dengan cara ini masyarakat dapat terhindar dari wabah penyakit corona ini,” pesan Parmin.

Kika : Medi Permedi kaos putih, Ketua RT. 04/04 Kebon Pedes Parmin tengah dan Amir Siregar menggendong alat semprot disinfektan

Kegiatan peyomprotan disinfektan ini dibantu oleh Amir Siregar dan Medi Permedi dua warga RT 04 secara sukarela. Sebagai langkah antisipasi, kegiatan ini akan terus dilakukan setiap minggu guna memetus mata rantai persebaran COVID-19.

Parmin pun, membuka tangan bila ada warga yang sukarela mau memberikan donasinya. Sebab yang paling penting adalah menunjukkan kepada masyarakat bahwa masalah ini bisa diselesaikan bersama dengan bergerak bersama-sama.

“Masalah ini adalah masalah bersama, kita bisa selesaikan bersama masyarakat, kita ingin kampung sawah ini terbebas dari virus corona,” pungkasnya.

(Mohammad Iqbal)

Komentar