oleh

Cegah Penyebaran Covid 19, Polda Jateng Lakukan Penyekatan di Perbatasan Kabupaten dan Kota

INILAHONLINE.COM, SEMARANG — Polda Jateng menyiapkan langkah-langkah untuk mengantisipasi trend penurunan covid yang terjadi saat ini. Jangan sampai tren penurunan kasus covid 19 di Jateng membuat masyarakat lengah sehingga memicu ledakan di kemudian hari.

Demikian disampaikan Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi melalui Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol M Rudy Syarifudin didampingi Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy, di halaman ruang Loby Mapolda Jateng, Kamis (26/8/21).

Dirlantas menyampaikan, sejumlah langkah yang disiapkan antara lain penyekatan di wilayah antar kota antar provinsi, pemeriksaan di rest area serta pengetatan prokes di tempat pariwisata.

“Kita tidak ingin adanya peningkatan level di Jawa Tengah, karena saat ini penyebaran covid 19 sudah menurun. Untuk itu, kita melakukan penyekatan di setiap perbatasan di kabupaten di Jawa Tengah,” terang Rudy.

Dia juga menjelaskan, penyekatan yang dilakukan Polda Jateng diprioritaskan pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu.

“Karena pada hari-hari itu masyarakat luar daerah banyak yang mengunjungi tempat wisata. Kalau hari Senin sampai Rabu, kemungkinan mobilitas hanya dilakukan oleh warga lokal yang melakukan aktivitas rutin sehari-hari,” tegas Dirlantas.

Dijelaskan Dirlantas, penyekatan akan dilakukan di 70 titik se Jawa Tengah ditambah 12 rest area yang ada di jalan tol.

Dia menambahkan, Dalam kegiatan penyekatan ini, Polda Jateng tidak akan melakukan tindakan penegakan hukum namun hanya sebatas edukasi kepada masyarakat.

“Kita akan cek apakah warga yang melintas sudah divaksin atau belum. Bila perlu kita siapkan vaksinasi di tempat,” tandasnya.

Untuk efektivitas pelaksanaan kegiatan, tambah Dirlantas, Polda Jateng akan memberdayakan masing-masing polres termasuk Polsek dan bhabinkamtibmas.

Adapun stok vaksin, tegas Dirlantas, Polda Jateng mempunyai stok sekitar satu juta dosis vaksin. Adapun kegiatan vaksinasi di tingkat Polres rata-rata mencapai 3000 hingga 4000 orang perhari.

“Bahkan Polrestabes Semarang mencapai 11 ribu per hari,” ungkap Dirlantas (Suparman).

Komentar