oleh

Cegah Persebaran Corona, 7 Pasar di Yogyakarta akan Dipasang Wastafel Portabel

INILAHONLINE.COM, YOGYAKARTA

Ada berbagai cara yang dapat dipraktikkan untuk meminimalisir persebaran virus Covid-19, salah satunya adalah dengan menerapkan pola hidup bersih dan rajin cuci tangan. Nah cara inilah yang dicoba dilakukan oleh Aksi Cepat Tanggap (ACT) Bersama Pertamina MOR-IV, dengan memasang wastafel portabel di 7 pasar di Yogyakarta, Jum’at (27/3/2020).

Bertempat di pintu keluar pasar bringharjo, Malioboro, satu unit wastafel portabel telah terpampang rapi dipersiapkan untuk para pejalan malioboro, pedagang dan pengunjung pasar Bringharjo untuk melakukan cuci tangan menggunakan sabun secara rutin.

Di momentum peresmian Wastafel Portabel tersebut, turut hadir Wakil Walikota Yogyakarta, PT. Pertamina Regional Jateng-DIY, Kepala Cabang ACT DIY, Kepala Disperindag dan Kepala Bappeda Kota Yogyakarta.

Pande, selaku perwakilan PT. Pertamina Regional Jateng-DIY menjelaskan bahwa program pengadaan wastafel portabel kali ini bertujuan untuk meminimalisir persebaran virus corona khususnya di titik-titik keramaian seperti di pasar, “Selain program pengadaan wastafel portabel, Pertamina juga telah menggelar program dukungan untuk para tenaga medis dengan pemberian multivitamin dan Alat Pelindung Diri (ADP), cuma untuk APD masih terkendala stok, karena yang membutuhkan sangat banyak akan tetapi barangnya terbatas,” paparnya.

Sementara itu Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi dalam sambutannya menyampaikan kepada masyarakat Yogyakarta untuk selalu menjaga kesehatan, dan menghimbau masyarakat untuk tidak mudik serta kepada para pemudik dari luar Kota yang memasuki kota Yogyakarta, wajib untuk melakukan tes kesehatan guna meminimalisir persebaran virus Corona.

 

Ia menambahkan, terima kasih kepada ACT dan PT Pertamina yang telah mengadakan program wastafel portabel di pasar-pasar Yogyakarta, “semoga dapat bermanfaat untuk masyarakat dan unitnya dapat diperbanyak lagi,” tambahnya.

Adapun Kepala Cabang ACT DIY, Bagus Suryanto mengatakan, adanya program wastafel portabel ini adalah berkat kolaborasi Pertamina dan ACT, pada tahap awal segera akan kita produksi 10 unit, untuk ditempatkan di 7 pasar di Yogyakarta, dan khusus pasar Bringharjo sendiri akan dipasang 3 unit,” ungkapnya.

Simbolis serah terima Wastafel Portabel oleh ACT, Pertamina, Wakil Walikota Yogyakarta

Menurutnya fungsi dari wastafel tersebut sangat vital, apalagi di titik-titik keramaian seperti pasar maupun lokasi wisata seperti Malioboro, “disini banyak orang lalu-lalang, berinteraksi dan jual beli, dan seperti yang kita tahu virus Corona ini dapat dengan mudah menular melalui udara dan juga melalui benda-benda yang terkontaminasi,” pungkas Bagus.

Selain program Wastafel Portabel, selama ini ACT DIY sudah rutin melakukan penyemprotan Disinfektan di SPBU, Masjid, Bandara, dan juga titik-titik keramaian. Selain itu pemberian bantuan pangan kepada masyarakat prasejahtera juga terus digalakkan, bersama bantuan multivitamin dan Alat Pelindung Diri (APD) untuk para relawan yang terjun dan tenaga medis di Yogyakarta.

(CJ/Nasrudin-ACT)

Komentar