oleh

Delegasi Indomalphi Kunjungi Fasilitas Pelatihan Polri Bertaraf Internasional di Semarang

INILAHONLINE.COM, SEMARANG

Delegasi yang tergabung dalam Forum kerjasama Indonesia, Malaysia dan Philipina (Indomalphi) melaksanakan kunjungan ke pusat pelatihan Polri Jakarta Center for Law Enforcement Cooperation (JCLEC) di Semarang Jawa Tengah, Selasa (6/8/2019).

Kedatangan yang disambut hangat Direktur Eksekutif JCLEC Brigjen Pol Nugroho S. Wibowo, dan Superintendent Greg Davis (Executiva Director Programs JCLEC).

‘’Secara struktural organisasi, JCLEC berada di bawah lembaga Pendidikan Kepolisian. Untuk urusan keseharian tugas Direktur Eksekutif adalah untuk mengelola operasional dan kegiatan-kegiatan yang dilakuka JCLEC,’’tutur Brigjen Pol Nugroho.

Dijelaskan, kunjungan ke pusat fasilitas ini merupakan salah satu rangkaian program pertemuan Indomalphi yang dilaksanakan di Semarang. Tujuan dari pertemuan ini adalah untuk memberikan gambaran dan informasi kepada para delegasi bahwa Polri telah memilikipusat pelatihan bertaraf internasional yang bisa digunakan untuk melatih para personil kepolisian untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitasnya.

‘’Materi pelatihan yang menjadi titik berat dalam kurikulum di JCLEC adalah intelijen, manajemen, dan forensic. Namun investigasi dan manajemen lebih dominan ditekankan dalamsetiap materi kursus bagi para peserta,’’paparnya.

Selain itu, menurutnya, materi pelatihan lain juga ada yaitu, mulai dari manajemen insiden pasca ledakan, pengenalan dan identifikasi senjata api, program anti teror dan penututan hokum, kepemimpinan dalam intelijen criminal, program kepemimpinan eksekutif regional, manajemen internasional pada kejahatan serius, anti pencucian uang dan puluhan program pelatihan unggulan lainnya.

‘’Kegiatan kunjungan ini diisi dengan sambutan dan paparan singkat mengenai LCLEC yang dibawakan langsung oleh Direktur Eksekutif JCLEC,’’katanya.

Brigjen Pol Nugroho menjelaskan, perkembangan JCLEC yang semakin baik dari tahun ke tahun, mulai dari perkembangan mengenai keteriibatan Negara-negara peserta baru dan juga keterlibatan peserta Polisi Wanita yang jumlahnya semakin banyak.

Dalam kesempatantersebut, para peserta delegasi diajak untuk berkeliling melihat fasilitas yang mendukung jalannya kegiatan pelatihan-pelatihan di JCLEC. Selain ruangan belajar yang dilengkapi dengan fasilitas yang canggih, JCLEC juga dilengkapi pusat kebugaran dan kolam renang.

‘’Para delegasi juga turut menyempatkan diri untuk bertemu dengan para peserta pelatihan, yang merupakan personel Kepolisian Republik Indonesia yang sedang melaksanakan pelatihan,’’paparnya.

(Suparman)

Komentar