oleh

Dengan Teknologi Internet of Things, Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Bisa Lakukan Pantauan Penggunaan Air

INILAHONLINE.COM, BOGOR – Dengan ditandatanganinya kerjasama antara Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor dengan PT Elnusa, maka diharapkan pemantauan penggunaan air melalui teknologi Internet of Things (IoT), maka akan meminimalisir tingkat kehilangan air. Hal itu diungkapkan Direktur Utama PT Elnusa Tbk, Ali Mundakir.

“Pengembangan teknologi ini untuk mengurangi tingkat kehilangan air atau non-revenue water (NRW) dari sisi non teknis dan perusahaan penyedia air dan memudahkan masyarakat dalam mengatur penggunaan air di rumah,” ujarnya.

Menurut Ali Mundakir, dengan teknologi ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam pemantauan penggunaan air. Selain itu, melalui teknoligi ini, maka perusahaan penyedia air bersih dan sehat dapat memantau secara online dan realtime proses epenyaluran air ke pelanggan.

“Dengan penggunaan teknologi ini, Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor dapat mengurangi ketidakakuratan pembacaan meter air yang selama ini dilakukan secara konvensional,” katanya.

Ali menambahkan, dengan adanya teknologi ini, bagi pelanggan bisa memantai jumlah penggunaan air sekaligus melakukan evalusai atau penghematan pemakaian air untuk menghitung perkiraan jumlah tagaihan sesuai air yang dipergunakan untuk di rumahnya.

“Data yang dipeoleh dapat digunakan untuk menentukan harga dinamis berdasarkan waktu penggunaan, karena secara otomatis sudah terintegrasi dengan billling system serta dapat mempredikasi pendapatan harian maupun bulanan bagi Perumda,” jelasnya.

Lebih jauh Ali menjelaskan, kegiatan Proof of Concept (PoC) ini akan dilaksanakan selama dua bulan sejak penandatanganan ksepakatan PoC dilakukan. Adapun Tim Informasi Teknologi (IT) Elnusa sebagai tim utama dalam pengembangan teknologi Smart Retrofi.

“Kerjasama ini merupakan sinergitas antara pemerintah daerah melalui BUMD dan perusahaan kami dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ucapnya.

Ali juga menambahkan, disamping itu kerjasama ini menimngklatkan profitability Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor. Karena pihaknya meyakini, bahwa teknologi ini sangat mendukung program smart city di Indonesia, khususnya di Kota Bogor. Selain itu, karena teknologi ini merupakan bisnis strategis dan inovasi berkelanjutan yang dilakukan oleh Elnusa.

“Elnusa berkomitmen memberikan pelayanan melalui sosulsi total dalam mendukung pemerintah yakni, dalam pengelolaan sumber daya air sekaligus untuk memenuhi ekspektasi (harapan-red) masyarakat, khususnya harapan kepada perusahaan daerah,” ucapnya.

Menurut Ali, dengan adanya kerjasama dalam bidang teknologi ini, tentu saja pihaknya berharap bisa mendukung program Smart City yang sedang dilakukan di Indonesia. “Nah untuk bentuk kerjasama kedepannya, kami sedang kita diskusikan dengan Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor,” pungkasnya. (PH)

Komentar