oleh

Di Desa Gemulung-Jepara, Pilpet Rasa Pilpres

INILAHONLINE.COM, JEPARA

Inilah Pilpet rasa Pilpres. Memakai deklarasi dan statemen. Diiringi ribuan pendukung yang enggan Lurahnya ganti, saat mendaftar di Panitya Pemilihan, diakhiri makan Gule Kambing. Itu terjadi di Desa Gemulung, Pecangaan, Jepara, Jateng, Rabo (24/07/2019).

Desa Gemulung, desa yang petingginya/kepala desanya berakhir masa jabatannya tahun ini. Untuk itu harus diadakan Pemilihan Petinggi/Pilpet (serentak di Kab Jepara) untuk masa jabatan 2019-2025.

Proses Pilpet serentak diawali masa pendaftaran calon petinggi, 16-24 Juli 2019. Proses berikutnya, penelitian administrasi dan kelengkapan lain dari calon oleh Panitya Pilpet. Hari “H” pencoblosan 17 Oktober 2019.

Pilpet di Desa Gemulung hingga menjelang penutupan, baru satu calon mendaftar yaitu, H Ahmad Santoso SH. Dia adalah petahana, karena pada periode lima tahun sebelumnya, telah menjabat sebagai Petinggi desa itu.
Sebelum berangkat mendaftar Pilpet di Balai Desa Gemulung, H Ahmad Santoso SH dan istri, menerima ribuan warga pendukungnya, dirumahnya yang megah. Pada kesempatan bertatap muka itu, H Ahmad Santoso SH mengeluarkan ikrar.

Bunyi ikrar, jika dipilih kembali jadi Petinggi Desa Gemulung, seluruh hasil Tanah Bengkok (51 kotak = +/- 10 Ha), merupakan tambahan tunjangan petinggi, selama enam tahun masa jabatan, disedekahkan pada warga desa, untuk kesejahteraan warga.

Hasil tanah bengkok petinggi itu, untuk mendukung operasisonal RT seluruh desa ; Untuk membeayai masjid/mushala dan aktivitasnya termasuk honor tamir. Juga untuk membantu Madarasah dan TPQ yang ada.

Para Kyai dan Guru ngaji didesa itu diharapkan dapat bantuan dari dana tanah bengkok. Demikian juga seluruh organisasi kemasyarakatan/keagamaan seperti Karang Taruna, NU, Muslimat, Fatayat NU, Yasinan dan lain-lain, juga akan mendapatkan bantuan.
Ikrar H Ahmad Santoso SH, sebagai bentuk sumbang-sih dan pengabdiannya pada warga dan desa yang sangat disayangi serta dicintainya. Ucapan terakhir teersebut, mendapat applaus membahana dari warga yang hadir.

Dia Petinggi baik. Selama kepemimpinannya, desa mengalami kemajuan pesat. Jalan-jalan desa halus tak berlobang. Sektor pertanian terutama padi, palawija, tebu, panennya bagus. Kita tak ingin kehilangan H Ahmad Santoso SH, ujar Arifin salah satu warga Gemulung pada inilahonline.com.

(Heru Christiyono Amari)

Komentar