oleh

Dimas : Pencopotan Dirjend Imigrasi Adalah Langkah Tegas Menkumham

INILAHONLINE.COM, JAKARTA

Keberadaan (Harun Masiku) buron kasus suap komisioner KPU (Wahyu Setiawan) banyak menimbulkan spekulasi, bahkan banyak pihak yang menuding Menkumham terlibat dalam menyembunyikan informasi keberadaan Harun masiku karena memberikan informasi yang berbeda dengan data CCTV.

Berbeda dengan banyak pihak yang mendeskreditkan Menkumham atas informasi keberadaan Harun Masiku yang berbeda dengan CCTV, Dimas Hermadiyansyah Ketua Bidang Imigrasi dan Kepabeanan DPP KNPI justru memberikan apresiasi kepada Menkumham Yosanna Laoly,

“Pernyataan Menkumham tersebut adalah pernyataan yang apa adanya berdasarkan informasi dari bawahannya tanpa ada tendensi untuk merekayasa informasi,” ujar Dimas

Menurutnya, jika ternyata informasi tersebut berbeda dengan data CCTV kan sudah dijawab dengan langkah tegas, lugas dan tepat oleh Menkumham Yosanna Laoly dengan mencopot Ronny Sompie dari jabatan Dirjend Imigrasi kemarin, “Itu menunjukkan bahwa menkumham tidak ingin ada conflict of interest terhadap suatu masalah di lembaganya,” jelas Dimas.

Sehari sebelumnya Menkumham Yosanna Laoly telah memfungsionalkan dirjen imigrasi. Dirjen imigrasi diganti Plh, termasuk Direktur Sisdik Keimigrasian.

Saat ini kita tunggu saja langkah baik menkumham yang telah membuat Tim gabungan dari unsur Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Direktorat Tindak Pidana Cyber Bareskrim Polri, dan Ombudsman RI.

Dimas berharap, tim yang dibuat Menkumham dapat bekerja dengan baik, “Semoga nantinya tim tersebut bisa bertugas dengan baik dalam melacak alasan terjadi penundaan atau delay data keberadaan Harun di Bandara Internasional Soekarno Hatta, sehingga kecurigaan publik terhadap pihak pihak tertentu bisa terjawab,” ungkap Dimas.

Selain itu Dimas juga menginginkan Dirjend Imigrasi kedepannya bisa diisi oleh figur yang berintegritas dan memiliki kemampuan untuk menjawab tantangan era 4.0 sehingga penggunaan Tekhnonogi Informatika dalam membantu pelaksanaan Tupoksi lembaga dapat diterapkan dengan baik, tutup Ketua Bidang Imigrasi dan Kepabeanan DPP KNPI, Dimas Hermadiyansyah dalam keterangan Persnya.

(CJ/Fikri Haldi)

Komentar