Disducapil Kota Bogor Luncurkan Program “Three in One”

Berita, Megapolitan285 Dilihat

INILAHONLINE.COM, BOGOR

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor saat ini memulai program baru yang bernama “three in one” (3 in 1) yang bekerjasama dengan 16 Rumah Sakit di wilayah Kota Bogor. Program  tersebut sudah mulai dilaksanakan di beberapa Rumah Sakit di Kota Bogor, (24/10/2019)

“Program 3 in 1 yang dilaksanakan ini bertujuan untuk memudahkan setiap anak yang baru lahir di rumah sakit akan langsung mendapatkan identitas yaitu, kartu keluarga, akte kelahiran dan kartu identitas anak(KIA)”, jelasKepala Bidang (Kabid) Pelayanan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data (PIAK) Disdukcapil Kota Bogor, Arie Setya Ningsih kepada inilahonline.com.

Menurutnya, bagaimanapun juga setiap anak mempunyai hak mendapatkan identitas dirinya, meskipun anak-anak yang  dilahirkan dari orang tua yang nikah siri. Karena anak yang dilahirkan dari pernikahan siri, tetap berhak mendapatkan identitas dari Disdukcapil, sekalipun anak itu tidak tau siapa orang tuanya.

“Bagaimanapun juga kami akan memberikan identitas kepada mereka, tetapi dengan perlakuan yang berbeda dalam arti akan ada beberapa proses tambahan buat mereka yang orang tuanya nikah sirih atau tidak tau orang tuanya dimana” imbuh Arie.

Lebih lanjut, Disdukcapil Kota Bogor berharap agar harapan kedepannya adalah, dengan adanya program “three in one”  ini, semua anak-anak yang ada di Kota Bogor khususnya, mempunyai identitas yang jelas dan tidak ada lagi anak-anak yang tidak memiliki identitas. 

(Kristian Budi Lukito)

banner 521x10

Komentar