oleh

Ditreskrimsus Polda Bali Tangkap Pelaku Kasus Phising dan Pemerasan di Media Sosial

INILAHONLINE.COM, DENPASAR-BALI – Ditreskrimsus Polda Bali ungkap Kasus Siber beredar postingan yang viral dibeberapa media sosial. Press Release yang dipimpin oleh Kasubdit V Cyber Crime AKBP I Gusti Ayu Putu Suinaci didampingi Kasubbid Penmas Bidhumas Polda Bali AKBP I Gusti Ayu Yuli Ratnawati, S.E. dilaksanakan di ruangan rapat Ditreskrimsus Polda Bali. Senin (24/5/2021).

Kasubdit V Cyber Crime AKBP I Gusti Ayu Putu Suinaci SIK., MIK. mengatakan tim melakukan patroli siber oleh tim cyber troops Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Bali dan ditemukan postingan pada akun fb “Ardi Alit” dengan caption “tolong yang tau keberadaanya binatang ini dimana. semeton bali di shere ngih ..” dan berisikan screenshot postingan akun facebook “abdillah pulukan bali” dengan caption “hannya orang bodoh yang ikut serta merayakan nyepi. saya sebagai orang taat ibadah di agama Islam menentang keras adanya hari raya nyepi. dah semoga semua umat hindu yang ada di Bali sadar dan berhenti menyembah batu atau patung amin”.

Postingan tersebut telah menimbulkan kegaduhan baik di lingkungan masyarakat maupun di Dunia Maya sehingga menjadi atensi khusus dari Kapolda Bali untuk dilakukan pengungkapan dan proses tuntas terhadap kejadian tersebut.

Selanjutnya Kapolda Bali memerintahkan tim siber Ditreskrimsus Polda Bali untuk langsung melakukan penyelidikan. Tim siber Polda Bali langsung bergerak melakukan penyelidikan ke berbagai sumber baik secara konvensional maupun di dunia maya.

Berdasarkan hasil penyelidikan selanjutnya pada hari Kamis, 6 April 2021 anggota Subdit V Ditreskrimsus Polda Bali yang dipimpin Kasubdit siber Ditreskrimsus Polda Bali AKBP Gusti Ayu Putu Suinaci, SIK., MIK. melakukan penyelidikan lanjutan terhadap keberadaan pelaku di wilayah pekutatan jembaran bali lalu dilakukan penangkapan terhadap tersangka.

Dari hasil interogasi awal diketahui bahwa yang bersangkutan merupakan pelaku phising yang selama ini beroperasi di wilayah hukum Polda Bali dan sudah banyak memakan korban dan dari hasil penggeledahan ditemukan beberapa barang bukti yang digunakan oleh pelaku untuk melancarkan aksi phising dan pemerasan di media sosial.

“Diperoleh keterangan bahwa benar tersangka merupakan pembuat postingan penistaan agama mengatasnamakan akun “abdilah pulukan bali” yang sempat viral di media sosial dimana pelaku membuat akun facebook menyerupai akun “abdilah pulukan bali” dengan menggunakan nama dan foto yang sama dengan akun asli, kemudian pelaku membuat postingan tersebut di akun “abdilah pulukan bali” yang dibuatnya, selanjutnya di lakukan screenshot terhadap postingan tersebut dan screenshot tersebut disebarkan oleh pelaku memanfaatkan akun “ardi alit” yang telah diambil alih oleh pelaku. setelah dilakukan pengecekan benar yang bersangkutan bisa mengakses akun “ardi alit” tersebut menggunakan handphonenya, namun terhadap akun “abdilah pulukan bali” telah dihapus oleh yang bersangkutan. kemudian pelaku dan barang bukti dibawa ke kantor Subdit V Ditreskrimsus Polda Bali untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” ujar AKBP I Gusti Ayu Putu Suinaci SIK., MIK.***

Komentar