oleh

Doni Monardo sebut Orang Tak Keluar Rumah Juga Rentan Terpapar Covid-19

INILAHONLINE.COM, JAKARTA

Penularan Covid-19 bisa saja terjadi pada orang yang hanya beraktivitas di dalam rumah. Untuk itu, masyarakat harus lebih waspada dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Satgas Nasional Penanganan Covid-19, Letjen Doni Monardo saat rapat bersama Komisi VIII DPR, Selasa (22/9/2020).

“Data dari pasien Wisma Atlet (Kemayoran) beberapa minggu lalu dilakukan survei, terdapat 7 persen mereka yang dirawat adalah orang yang tidak keluar rumah,” ungkap Doni.

“Jadi bagi mereka yang tetap di rumah pun tetap waspada harus hati-hati,” sambungnya.

Doni mengatakan, kemungkinkan besar terjadinya penularan lantaran masih adanya salah satu anggota keluarga yang beraktivitas di luar. Anggota keluarga itu bisa saja menjadi pembawa virus corona ke dalam rumah, sehingga terjadi transmisi ke anggota keluarga lainnya.

“Karena apabila ada anggota keluarga yang sering keluar rumah dan kembali ke rumah tidak memperhatikan protokol kesehatan di rumah maka bisa menulari saudaranya yang lain,” jelasnya.

Doni menyarakan, agar ada pemisahan antara anggota keluarga yang berdiam di rumah dengan mereka yang masih harus bekerja keluar, hal ini untuk meminimalisir penularan. Terlebih bagi anggota keluarga yang memiliki penyakit penyerta.

“Ini lah yang harus kita ingatkan kepada masyarakat, kelompok komorbid harus dipisahkan dari yang bekerja yang bisa saja terpapar Covid-19 tetapi tidak mengalami gejala apa-apa,” tandasnya. (pmjn/IO).

Komentar