oleh

DPR RI Setujui Proses Naturalisasi Jordi dan Sandy

INILAHONLINE.COM, JAKARTA — Jordi Amat dan Sandy Walsh resmi disetujui DPR RI permohonan proses naturalisasi calon pemain timnas Indonesia. Hal ini disampaikan saat Rapat Paripurna DPR ke-5 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2022-2023, Selasa (20/9) seperti dilansir laman pssi.org.

Jordi Amat merupakan pemain naturalisasi yang berdarah Indonesia- Spanyol, saat ini dia bermain di Johor Darul Ta’zim Malaysia. Sementara itu, Sandy Walsh keturunan Indonesia-Belanda bermain untuk klub Belgia, KV Mechelen.

Pimpinan rapat Wakil Ketua DPR RI Lodewijk Freidrich Paulus mengatakan proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh akan berlanjut ke tahap berikutnya. Selanjutnya Jordi dan Sandy harus menunggu Surat Keputusan Presiden sebelum mengambil sumpah Warga Negara Indonesia di Kantor Wilayah Kemenkumham.

“Sesuai dengan pembahasan Komisi III dan Komisi X memutuskan menyetujui pertimbangan kewarganegaraan RI kepada Jordi Amat dan Sandy Walsh,” kata Lodewijk.

Sementara, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengaku bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Indonesia.

“Alhamdulillah proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh tinggal beberapa langkah lagi. Terima kasih untuk DPR RI, Komisi III, Komisi X, Kemenkumham, Kemenpora, yang sudah membantu proses hingga saat ini,” kata Iriawan.

“Jordi dan Sandy merupakan pemain yang sangat dibutuhkan oleh pelatih Shin Tae-yong. Kami yakin mereka akan menambah kekuatan timnas Indonesia,” tambahnya.

Selain itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani mengucapkan selamat atas pemberian kewarganegaraan Indonesia kepada Jordi Amat dan Sandy Walsh.

“Selamat kepada saudara Jordi Amat Maas dan saudara Sandy Henny Walsh yang sudah mendapatkan persetujuan naturalisasi,” tutur Puan dalam siaran persnya, Selasa (20/9/2022).

“DPR berharap, pemberian kewarganegaraan tersebut dapat memperkuat Timnas Indonesia. Sehingga Tim Garuda makin berprestasi,” sambungnya.

Puan mengatakan, pemberian kewarganegaraan melalui mekanisme itu telah dilakukan berdasarkan ketentuan Pasal 20 UU Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia.

Menurut Puan, atas dasar pada kepentingan negara atau jasa yang luar biasa dari seseorang sehingga negara dapat memberikan kewarganegaraan kepadanya. Yakni, prestasi di bidang olahraga.

“Kita sudah beberapa kali berikan naturalisasi kepada atlet dengan hasil yang cukup memuaskan,” tutur Puan.

Untuk diketahui, Jordi dan Sandy sudah pernah diajak berlatih bersama timnas Indonesia pada Mei lalu di Bandung saat persiapan FIFA Match Day melawan Bangladesh. Agenda terdekat yang memungkinkan bagi Jordi Amat dan Sandy Walsh untuk memperkuat Indonesia adalah Piala AFF 2022 yang akan digelar pada Desember.(Red)

banner 521x10

Komentar