DPRD Kabupaten Magelang Setujui KUA PPAS 2024 dan Perda Desa Wisata

Berita, Jawa Tengah156 Dilihat

INILAHONLINE.COM, KOTA MUNGKID — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Magelang menyetujui Tema Pembangunan Kabupaten Magelang Tahun 2024 adalah “Perwujudan Masyarakat Yang Sejahtera, Berdaya Saing dan Amanah”.

“Tema tersebut berdasarkan prioritas pembangunan, permasalahan dan isu strategis daerah, serta sinkroniasasi dengan prioritas Provinsi dan Nasional,” kata Ketua Badan Anggaran DPRD Kabupaten Magelang, Saryan Adiyanto melalui juru bicara, Edi Gunawan Yakti, dalam rapat paripurna dengan agenda Penandatanganan Nota Kesepakatan Terhadap Rancangan Kua Dan PPAS APBD Kabupaten Magelang TA 2024 dan Penetapan Perda Desa Wisata, Kamis (10/8/2023).

Badan Anggaran DPRD telah melakukan konsultasi dengan Komisi untuk memperoleh masukan terhadap program dan kegiatan yang ada dalam rancangan PPAS serta melaksanakan Rapat Kerja dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah atas Rancangan KUA PPAS TA 2024.

Dari hasil pembahasan, pendapatan bertambah Rp24.236.672.027 dan tidak ada pengurangan pendapatan, sehingga sisa lebih Rp24.236.672.027. Belanja bertambah Rp26.780.410.703 dan berkurang Rp15.312.325.121 sehingga terdapat sisa lebih Rp11.468.085.582. Dari hasil akumulasi Pendapatan dan Belanja, terdapat Sisa Lebih Rp12.768.586.445.

Ia menjelaskan KUA-PPAS menerjemahkan perencanaan strategis jangka menengah (RPJMD dan Renstra-SKPD) ke dalam rencana program, kegiatan dan sub kegiatan serta penganggaran tahunan. KUA-PPAS menjadi penghubung antara proses perencanaan pembangunan dan penganggaran.

KUA-PPAS menjembatani sinkronisasi dan harmonisasi rencana tahunan dengan rencana strategis serta mengoperasionalkan rencana strategis ke dalam langkah-langkah tahunan yang lebih konkrit dan terukur untuk memastikan tercapainya rencana pembangunan jangka menengah.

Adapun arah kebijakan Pembangunan Kabupaten Magelang 2024 meliputi pemenuhan upaya kesehatan perorangan dan masyarakat, mewujudkan ketahanan pangan daerah, menjamin ketahanan infrastruktur yang berkualitas, mengembangkan kewirausahaan dan keunggulan kompetitif usaha kecil menengah.

Mengembangkan ekonomi kreatif, penanganan kebencanaan yang komprehensif dan multidimensi dengan memaksimalkan peran berbagai pihak, meningkatkan pengendalian pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan hidup dan meningkatkan kualitas aparatur.

Bupati Magelang, Zaenal Arifin menyebutkan terdapat 10 program prioritas pembangunan Kabupaten Magelang Tahun 2024 yaitu Kehidupan Beragama dan Akhlak Mulia, Pendidikan, Kesehatan, Penanggulangan Kemiskinan. “Pengembangan Pertanian, Pariwisata, dan Usaha Kecil dan Menengah, Sarana dan Prasarana Publik, Lingkungan Hidup, Birokrasi dan Tata Kelola Pemerintahan, Ketentraman, Ketertiban, dan Penanggulangan Bencana, terakhir Kepemudaan dan Olah Raga,” katanya.

Dalam rapat paripurna tersebut juga dilakukan penetapan Rancangan Peraturan Daerah Tentang Desa Wisata menjadi Peraturan Daerah, guna mewujudkan pemberdayaan masyarakat desa melalui pengembangan ekonomi lokal, optimalisasi pengelolaan potensi dan sumberdaya desa melalui pendekatan kepariwisataan, peningkatan taraf hidup masyarakat desa, kelestarian budaya dan tradisi, optimalisasi sarana promosi produk lokal desa, penurunan angka urbanisasi; dan peningkatan pembangunan infrastruktur desa. (adv)

banner 521x10

Komentar