oleh

Dr. Eni Winaryati, M.Pd : “Guru Memiliki Profesi Sebagai Pendidik dan Ketrampilan Peneliti”

INILAHONLINE.COM, PEKALONGAN – Guru memiliki profesi sebagai pendidik atau pengajar, tanpa disadari juga memiliki keterampilan sebagai peneliti. Demikian dikatakan Ketua Tim Lesson Study (LS) Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) kepada media usai mengegelar kegiatan LS di Kota Pekalongan, Rabu (22/12/2021)

“Pada saat mengajar, sering guru merubah strategi pembelajarannya, sebab guru merasakan ada yang perlu ditingkatkan. Hal ini sering tidak dirasakan, namun  guru selalu berusaha untuk melakukan perbaikan pembelajarannya,” katanya. 

Menurut Eni, guru yang memilik ketrampilan sebagai peneliti, mengindikasikan bahwa ada keterampilan dasar yang dimiliki oleh guru, yang selalu dilakukan, yakni keterampilan meneliti. Keterampilan meneliti ini perlu untuk ditingkatkan oleh guru. Selama ini keterampilan ini kurang mendapatkan perhatian yang secara serius untuk  diasah dan ditingkatkan.

Kegiatan Lesson Study Se Karesidenan Pekalongan digelar di SMK Muhammadiyah Kota Pekalongan, Jawa Tengah

“selain itu, literasi menulis di kalangan guru dan masyarakat Idonesia secara umum, masih kurang. Oleh karenanya, melalui pendampingan tim Lesson study sekolah Muhammadiyah se Jawa Tengah oleh Tim Pendamping dari UNIMUS, berharap terjadi peningkatan keterampilan meneliti dan menulis bagi guru. 

Lebih lanjut Eni mengetakan, terkait kegiatan LS itu, Tim UNIMUS melakukan safari lesson study secara offline. Kegiatan dimulai pada hari sabtu tanggal 19 Desember 2021. Safari Lesson Study yang ke-empat dilaksanakan pada karasidenan Pekalongan, pada SMK Muhammadiyah Kota Pekalongan.

“Dalam kegiatan LS di Kota pekalongan ini, ada lima Tim Lesson Study Sekolah Muhammadiyah yang tergabung pada karesidenan Pekalongan yaitu, SMK Muhammadiyah Kota Pekalongan, SMK Muhammadiyah Bligo, SMK Muhammadiyah Pemalang, SMP Muhammadiyah Bumiayu, MTs Muhammadiyah Batang,” jelasnya.

Eni menjelaskan, Tim pendamping dari UNIMUS yang terlibat, selain dirinya juga ada rekan sejawatnya Safuan, M.Kom, dan Dr. Dodo Mulyadi, M.Pd. Mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan pengabdian pada masyarakaat pada tim lesson study sekolah Muhammadiyah se Jawa Tengah adalah Moch. Khoirul Anam, Muthia Hasanah, Nurunnisa Hanif Wijanarko, Feri Reiza Maulana, Marvina Irma Ivana.  

“Safari Lesson Study kali ini lebih menitik beratkan kegiatan pendampingan artikel ilmiah dan penyusunan serta pengajuan HKI. Kegiatan sengaja dilaksanakan secara  offline dengan harapan dapat melakukan pendampingan secara lebih intensif,” terangnya. 

Masih kata Eni, semua peserta merespon sangat positif kegiatan ini, sebab dilakukan pendampingan secara langsung. Beberapa sekolah telah siap dengan produk yang akan di daftarakn ke Hak kekayaan Intelektual (HKI). Demikian pula artikel yang akan dipublish pada jurnal guru yang telah disiapkan oleh tim LS dari UNIMUS.

Ketua Tim Lesson Study (LS) UNIMUS Dr. Eni Winaryati nampak berdialog dengan salah seorang peserta di LS se Karesidenan yang berlangsung di Pati, Jawa Tengah.

“Pendampingan secara langsung ini, dapat memberi semangat guru untuk menyusun artikel lesson study  dan terdorong untuk mengajukan hak cipta atau HKI,” tandasnya.

Eni juga menambahkan, ada beberapa HKI yang dapat diajukan diantaranya adalah video pembelajaran, video rekaman lesson design, artikel ilmi ah, poster, model pembelajaran, pola pembelajaran, modul dan lainnya. Pendampingan penulisan artikel ini dapat menjadi pemicu/penyemangat guru untuk lebih  terlatih dalam menulis  artikel ilmiah.

“Pendampingan penyusunan dan pengurusan HKI ini dilaksanakan dengan harapan dapat memunculkan kesadaran bahwa HKI sangat penting. Pertemuan secara offline ini, juga dilakan beberapa kesepakatan oleh seluruh peserta TIM Lesson Study terkait pengumpulan artikel dan HKI,” harapnya.

Dalam Kesepakatan ini, Eni menjelaskan, penyelenggaraan kegiatan LS ini sangat penting, agar masing-masing diri memiliki tanggungjawab secara kolektif untuk mentaatinya.  Adapun hal yang luar biasa adalah kesiapan dan kesabaran Kepala sekolah SMK Muhammadiyah Kota pekalongan Hj. Lies Triati Nur, SH, S.Pd, mengikuti jalanjnya LS dan terlibat serta mendampingi kegiatan LS sampai selesai.

“Beliau memberi kata sambutan yang menginspirasi bagi peserta, bahwa guru adalah pendidik yang bekerja sepenuh hati, segenap jiwa, bahwa kemajuan Pendidikan untuk harus diupayakan dengan serius dan sungguh-sungguh,” ujar Eni.

Sementara itu, Kepala SMK Muhammadiyah Kota Pekalongan Hj. Lies Triati Nur, SH,S.Pd,M dalam diskusinya mengatakan, pihaknya akan mengembangkan kegiatan lesson study ini untuk kegiatan supervisi akademik pada gurunya. “Kami telah siap untuk berkolaborasi dengan UNIMUS. Semoga terlaksana,” imbuhnya.

Lebih lanjut Eni juga menginformasikan, bahwa kegiatan LS ini yang sebelumnya digelar untuk Se Karesidenan Banyumas dan Karesidenan Pekalongan, juga dilaksanakan di Karesedinan Pati dengan mengambil tempat di Kota Kudus sebagai tuan rumah. (Piya Hadi)

Komentar