oleh

Ganjar Harap Presiden Keluarkan Regulasi Laboratorium di Daerah

INILAHONLINE.COM, SEMARANG

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendorong pemerintah pusat untuk mengeluarkan regulasi dan kebijakan baru terkait laboratorium tes Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di daerah. Itu dilakukan karena selama ini tempat tes Covid-19 hanya ada di beberapa tempat yang membutuhkan jarak tempuh dan waktu lama.

“(Laboratorium) ini butuh keputusan nasional karena tesnya kalau tidak salah ditentukan di tiga tempat. Setelah melihat situasi ini, saya sudah komunikasikan apakah bisa atau tidak kami menyiapkan dan kalau beli harganya tidak mahal. Tinggal regulasinya, maka saya sedang usul untuk pengajuan ini,” kata Ganjar saat jumpa pers di rumah dinas Puri Gedeh (13/3/2020).

Ganjar mengaku optimis bahwa pemerintah pusat dalam waktu dekat akan mengeluarkan kebijakan baru terkait penanganan Covid-19 di Indonesia. Terlebih setelah terdapat dua pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia, salah seorang di antaranya merupakan pasien di RSUD dr Moewardi Solo.

 

“Apakah pemerintah pusat akan mengeluarkan keputusan baru atau tidak, rasa-rasanya Presiden akan mengeluarkan kebijakan baru untuk menyikapi ini. Kalau itu bisa maka setiap daerah bisa dilakukan pengetesan dengan lebih pendek jaraknya dan lebih cepat waktunya,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Ganjar berkeinginan Jawa Tengah memiliki laboratorium yang bisa untuk mengecek Covid-19 dan penyakit lainnya. Keinginan itu muncul karena Ganjar gemas uji laboratorium Covid-19 hanya dilakukan di beberapa tempat saja dan membutuhkan waktu lama.

Ganjar menilai keberadaan laboratorium di daerah, khususnya Jawa Tengah, tersebut sangat penting terutama terkait penanganan dan pencegahan Covid-19.

(Suparman)

Komentar