Gelar Pasukan, Upaya Polres Bogor Menjamin Pilkades Serentak Aman dan Damai

Berita, Megapolitan283 Dilihat

INILAHONLINE.COM, CIBINONG

Untuk mewujudkan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bogor yang aman, damai dan kondusif, Polres Bogor menggelar Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pilkades serentak Gelombang III operasi praja lembur tegar 2019 di halaman Mapolres Bogor, Cibinong pada Kamis (24/10).

Dalam amanatnya Kapolres Bogor AKBP Muhammad Joni mengatakan pada kegiatan Pilkades terdapat berbagai potensi kerawanan yang memerlukan perhatian serius dan perlu diantisipasi sejak dini, agar tidak berkembang menjadi gangguan nyata, yang dapat menggangu dan menghambat penyelenggaraan Pilkades serta dapat juga menimbulkan gangguan kamtibmas secara umum.

“Berbagai potensi kerawanan tersebut, dapat terjadi dalam setiap tahapan Pilkades berupa pelanggaran tindak pidana yang berkaitan dengan Pilkades, potensi konflik antar pendukung calon yang dapat berimplikasi kontijensi,”katanya.

Ia juga mengatakan dengan pelaksanaan operasi praja lembur tegar 2019, maka dalam implementasinya, Polres Bogor akan melakukan pergelaran fungsi-fungsi kepolisian di lapangan dalam bentuk satuan tugas operasi kepolisian, sekitar 2256 personel Polres Bogor dan BKO dari Polda Jabar dibantu oleh gabungan unsur instansi terkait, unsur TNI, linmas dan bekerjasama dengan seluruh komponen masyarakat.

“Penggelaran satuan tugas pengamanan dimaksud, akan disesuikan dengan ancaman dan kerawanan pada setiap tahapan Pilkades serentak, dimkana pada puncaknya seluruh personel akan diturunkan untuk mengamankan sekitar kurang lebih 1.940.137 masyarakat yang memiliki hak pilih di 37 Kecamatan dan 273 Desa dimana 1064 calon kades yang tersebar di wilayah hukum Polres Bogor,”ujarnya.

AKBP M. Joni juga menekankan kepada seluruh jajaran, untuk mengawal dan mengamankan setiap tahapan Pilkades serentak dengan sebaik- baiknya, serta berupaya mewujudkan terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif, agar dapat memberikan rasa aman kepada para penyelenggara dan peserta Pilkades serentak tahun 2019, serta menjamin masyarakat dapat menggunkan hak pilihnya.

(Basir)

banner 521x10

Komentar