oleh

GENERASI SEHAT…INDONESIA UNGGUL

Perayaan Hari Kesehatan Nasional pada 12 November pertama kali diperingati di tahun 1959. Saat itu dilakukan penyemprotan nyamuk Malaria secara simbolis oleh Presiden Soekarno. Usai penyemprotan secara simbolis dilakukan, penyuluhan pun diberikan dengan tujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat akan bahaya penyakit Malaria dan agar mereka lebih waspada terhadapnya. Di tahun-tahun berikutnya, Hari Kesehatan Nasional (HKN) terus diperingati dengan tujuan memberikan pendidikan dan penyuluhan kesehatan untuk masyarakat Indonesia. 

Tema perayaan Hari Kesehatan Nasional setiap tahunnya berbeda-beda. Namun, tentu saja dengan tujuan yang sama, yaitu meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia sekaligus pemahaman mereka akan pentingnya hidup sehat.

Pada tahun 2019 ini, tepatnya tanggal 12 November, kita kembali memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN). Pada Hari Kesehatan Nasional Ke 55 tahun ini, tema yang diangkat adalah “Generasi Sehat Indonesia Unggul” merupakan tema HKN di akhir periode pembangunan 2015-2019. Pemilihan tema ini, selain dimaknai sebagai pemuncak dari upaya bersama seluruh pemangku kepentingan pembangunan kesehatan dalam lima tahun terakhir, juga dimaknai dengan kesiapan bidang kesehatan untuk terlibat aktif dalam pembangunan periode berikutnya yang menitikberatkan pada aspek sumber daya manusia. Diyakini, SDM yang sehat akan membawa keunggulan bagi bangsa.

Ada beberapa slogan “Generasi Unggul” yang ingin digaungkan dan disampaikan kepada masyarakat dalam HKN Ke-55 tahun 2019 yaitu :

  • Wujudkan Indonesia Sehat dengan promotif dan preventif
  • Sehatkan diri dan sekitar, mulai dari kita
  • Keluarga Sehat, Indonesia Kuat
  • Salam Sehat, sehat Indonesia
  • Hastag Sosial Media #sehatmilikkita

Peringatan HKN telah bergerak dari tahun ke tahun, menjadi rangkaian kegiatan yang tidak saja dimiliki oleh Kementerian Kesehatan, tetapi juga oleh pemerintah daerah, kementerian/lembaga terkait, organisasi masyarakat, akademisi, bahkan hingga sektor swasta. Dengan semakin banyak pihak terlibat, potensi untuk bergerak sinergis menjadi semakin besar, sehingga keunggulan bangsa melalui pembangunan kesehatan dapat dicapai.

Momentum Hari Kesehatan ke-55 ini harapannya bisa sebagai pengingat publik bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud, apabila semua komponen bangsa; masyarakat, organisasi kemasyarakatan, swasta berperan serta dalam upaya kesehatan, dengan lebih memprioritaskan promotif-preventif dan semakin menggalakkan serta melembagakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), tanpa mengabaikan kuratif-rehabilitatif. Pemerintah pusat dan daerah, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, akademisi dan praktisi turut ambil bagian dalam peringatan HKN untuk mendukung pembangunan kesehatan. Masyarakat semakin mengerti arti penting perilaku dan lingkungan sehat, serta melakukan gerakan hidup sehat, baik di keluarga, tempat kerja, tempat-tempat umum dan fasilitas lainnya.

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-55 tahun 2019 yang dilaksanakan di seluruh Indonesia, Pemerintah Kota Bogor melalui Panitia HKN Kota Bogor, yang terdiri atas insan-insan kesehatan dari berbagai institusi kesehatan yang dipilih secara bergantian setiap tahunnya (dinas kesehatan, rumah sakit, organisasi profesi kesehatan, akademisi/sekolah kesehatan, klinik, apotik dan laboratorium,dll.), telah merangcang berbagai kegiatan yang dilaksanakan mulai bulan Oktober s.d. Nopember 2019 beberapa diantaranya :

  • Lomba-lomba olah raga untuk insan kesehatan se Kota Bogor, seperti bulutangkis, tenis meja, volley ball dan futsal. (tanggal 15 Oktober – 6 Nopember 2019)
  • Lomba-lomba seni untuk insan kesehatan se Kota Bogor, seperti lomba menyanyi solo untuk genre dangdut dan pop. (tanggal 10 Oktober 2019)
  • Senam sehat bersama Bapak Walikota, Wakil Walikota dan Sekretaris Daerah Kota Bogor beserta ribuan siswa sekolah, insan kesehatan dari berbagai isntitusi kesehatan dan masyarakat Kota Bogor di lapangan Sempur (tanggal 9 Nopember 2019).
  • Pembentangan Giant Banner tentang HKN dan GERMAS oleh seluruh peserta senam sehat (tanggal 9 Nopember 2019)
  • Launching Kampung GERMAS di RW 06 Kelurahan Sempur Kec. Bogor Tengah Kota Bogor oleh Bapak Walikota Bogor.
  • Penebaran benih ikan di Sungai Ciliwung (tanggal 9 Nopember 2019)
  • Upacara peringatan HKN Ke-55 Tingkat Kota Bogor dilaksanakan pada tanggal 12 Nopember 2019.

Menyongsong perayaan Hari Kesehatan Nasional yang ke-55 pada tanggal 12 November 2010 mendatang, marilah kita mengkaji kembali apa yang sudah berhasil dicapai dengan adanya perayaan tersebut. Saat ini masyarakat sudah semakin mudah untuk mengakses fasilitas kesehatan. Terbukti dengan adanya peningkatan pelayanan kesehatan di berbagai daerah, khususnya bagi masyarakat menengah ke bawah. Selain peningkatan pelayanan kesehatan, infrastruktur fasilitas kesehatan pun sudah semakin memadai, tersedia jaminan kesehatan nasional (JKN) dengan sistem gotong royong.

Peningkatan pelayanan kesehatan beserta infrastrukturnya tersebut diharapkan dapat semakin meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di Indonesia. Selain itu, pemahaman masyarakat akan pentingnya hidup sehat juga diharapkan semakin meningkat, seiring dengan terus diadakannya peringatan Hari Kesehatan Nasional.

Marilah kita sama-sama mensukseskan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga. Mulai dari diri sendiri dan lingkungan keluarga. Indonesia Unggul dapat diwujudkan melalui keluarga-keluarga yang sehat, sehingga membentuk masyarakat sehat. Mari berperilaku hidup bersih dan sehat, selalu mengkonsumsi makanan yang sehat teratur, sayur dan buah, serta senantiasa berolah raga atau melakukan aktivitas fisik, melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, tidak merokok dan menciptakan
lingkungan yang bersih dan sehat.

Nah, sudah siapkah Anda untuk ikut berpartisipasi dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional tahun ini? Ingat, partisipasi dan dukungan Anda sangat berharga demi tercapainya masyarakat Indonesia yang lebih sehat. 

Semoga Allah Yang Maha Kuasa memberikan perlindungan dan petunjukNya dalam upaya kita mewujudkan masyarakat Kota Bogor yang sehat, bangsa yang kuat, dan negara yang unggul. Salam Sehat, Sehat Indonesia!

(Advertorial)

Komentar