oleh

Giat Pra TMMD ke-109 Kodim 0621/Kabupaten Bogor Rencana akan Bangun Akses Jalan Cinyurup Desa Ciomas Tenjo

INILAHONLINE.COM, TENJO-KAB. BOGOR

Berangkat dari Markas Koramil Ciampea puluhan anggota TNI dengan mengendarai 30 motor trail dipimpin Dandim 0621/KB, Letkol Inf Sukur Hermanto melakukan kegiatan Peninjauan Medan Program Pra TNI Manunggal Membangun Desa (Pra TMMD) Kodim 0621/Kabupaten Bogor tahun 2020 yang dipusatkan di wilayah Koramil Parung Panjang atau lebih tepatnya di Kampung Cinyurup Desa Ciomas Kecamatan Tenjo, pada Kamis (10/9/2020).

Sasaran peningkatan pembangunan, program rutin TNI ini pun akan berdampak pada kemaslahatan masyarakat yang tadinya memutar ketika mau ke Kecamatan Tenjo sekira 27 kilometer dan hanya akan ditempuh 2,5 kilometer, Rutilahu, rehab rumah ibadah, dan program non fisik ataupun penyuluhan bagi warga.

Sementara itu para Danramil se-kabupaten Bogor turut hadiri acara ini, Danramil 2106/Cileungsi, Mayor Inf. Acep Komarudin menyampaikan bahwa kegiatan pra TMMD ini dimaksudkan persiapan agar ketika dimulainya program TMMD nanti yang akan dibuka pada 22 September hingga 21 Oktober 2020.

“Kita menyiapkan rute-rute yang ada dan memaksimalkan program ini agar masyarakat Cinyurup Desa Ciomas, dapat lebih merasakan manfaatnya”, ujarnya.

Pasiter Kodim 0621/Kabupaten Bogor, Kapten Inf Andika Fitriadi mengungkapkan,” kali ini kami disini atas perintah Dandim 0621 kami bersama para Danramil se-Kabupaten Bogor melihat secara langsung apa yang bisa dioptimalkan untuk masyarakat, selain akses jalan sepanjang 2,5 Km x 7 meter, juga renovasi masjid, rutilahu juga pembuatan sumur bor air bagi masyarakat Kampung Cinyurup Desa Ciomas Kabupaten Bogor”, imbuh Pasiter.

Sementara Pjs Kepala Desa Ciomas, Aceng Sutisna menerangkan bahwa jalan yang akan dibangun adalah akses penting bagi masyarakat Desa Ciomas khususnya kampung Cinyurup.

“Kalo memutar ya 27 kilometer pak, kalo dibangun jalan rusak ini sepanjang 2,5 Km oleh TNI ya masyarakat jadi mudah transportasinya”, ujar kepala Desa.


Disaat yang sama, Juned (40) Warga Kampung Cinyurup Rt 01/4 merasa bahagia dan bergembira akan adanya program TMMD tersebut, karena masyarakat butuhkan jalan untuk membawa hasil panennya.

“Sudah lama kami inginkan jalan, kalau hujan jalan itu tidak bisa dilalui kendaraan, kedepan lebih maju, masyarakat untuk hasil panen susah melintas, dengan adanya rencana pembangunan jalan, kami sangat gembira, dan nanti dari sini ke pasar Cigudeg atau Jasinga lebih mudah”, ujarnya.

Dengan adanya jalan yang akan dibangun Program TMMD para petani dapat mengangkut hasil tani juga pedagang kecil dapat akses lebih mudah, jarak ditempuh ke pasar Cigudeg atau Jasinga dapat menyingkat waktu hingga 1 jam bagi kendaraan warga setempat begitupun jika warga ke Rumah Sakit Umum Leuwiliang.

Selain masyarakat sekitar dilibatkan nanti, ada personil TNI yang akan dilibatkan dalam giat TMMD adalah kl 150 orang: Kodim 0621 Kab.Bogor, Batalyon 315/ Garuda, Batalyon Armed 10 Kostrad, Yonif Raider 300 dan ATS Atang Sendjaja. (ian Lukito)

Komentar