Gubernur Jabar Penuhi Janji, Bantu Tingkatkan Kualitas SDM Jurnalis di Jabar

Berita, Jawa Barat36 Dilihat

INILAHONLINE.COM, BANDUNG β€” Pemdaprov Jawa Barat peduli dengan kualitas SDM jurnalis atau wartawan yang bertugas di wilayah Jawa Barat.

Salah satunya dengan memberikan dukungan pada kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jabar Ika Mardiah mengatakan, Pemdaprov Jabar mendukung PWI dalam upaya meningkatkan kapasitas jurnalis salah satunya melalui bantuan pelaksanaan UKW.

β€œItu salah satu dari janji Pak Gubernur Jabar, yakni meningkatkan SDM wartawan,” ujarnya dalam kegiatan UKW 49, 50 dan 51 yang diselenggarajan di Asrilia Hotel Bandung, 15 dan 16 November 2022.

Ia juga berharap media menjadi garda terdepan dalam memberikan berita yang benar dan bersama-sama memerangi hoaks. Terlebih mendekati tahun politik 2024. Dengan UKW maka kualitas pemberitaan akan semakin baik kedepannya.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jabar Hilman Hidayat mengatakan, PWI akan melalukan UKW kepada 1000 orang jurnalis/wartawan yang bertugas di Jabar.

“Tahap pertama dilakukan hari ini, kepada 100 orang jurnalis. Ini akan dilaksanakan hingga 2023, sebanyak 1000 jurnalis,” ujarnya.

Selain kepada jurnalis, PWI juga berencana menggelar UKW bagi conten creator, agar dalam memproduksi berita dapat menerapkan kaidah Kode Etik Jurnalistik (KEJ).

Hal yang sama juga dilakukan kepada mahasiswa akhir jurusan jurnalistik, namun dalam bentuk mini UKW.

“PWI ingin jurnalis dalam bekerja memahami profesinya, sesuai dengan 11 pasal Kode Etik Jurnalistik. Termasuk juga bagi conten creator berita yang saat ini sedang menggeliat melalui media-media online,” tuturnya. (Frida)

banner 521x10

Komentar