Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Subang Umumkan Hasil Rapid Test, Kini Statusnya Zona Kuning

Berita, Pantura310 Dilihat

INILAHONLINE.COM, SUBANG

Gugus Tugas Penanggulangan Virus Covid-19 Kabupaten Subang, Prov.Jawa Barat umumkan hasil Rapid test (test cepat) Corona, untuk sekitar 2000 Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang berlangsung selama dua hari (8-9/4/20) di setiap kecamatan dan kini Subang statusnya menjadi zona kuning.

Dari 2000 ODP sebanyak 1.774 yang berhasil di test hasilnya 13 orang positif 8 laki-laki. 5 orang perempuan, sisanya kemudian akan dilakukan tes susulan.

Kadinkes Subang dr.Nunung menegaskan ,meskipun mereka sudah dinyatakan positif dari hasil RAPID test, namun belum ada jaminan sama dengan hasil SWAB Test.

“Inilah yang akan menentukan hasil, apakah betul dia positif atau negatif dari hasil SWAB test. Jadi hasil SWAB yang akan memastikan,” ujarnya.
Lebih jauh pihaknya menekankan jangan sampai simpang siur beritanya, sehingga menimbulkan kepanikan. Rapid test sendiri dalam rangka pemetaan penjaringan. 

Ketua Gugus Tugas Penanggulangan Covid 19 Kabupaten Subang  Bupati Subang H. Ruhimat didampingi Kadiskes Subang dr. H. Nunung Suhaeri dalam jumpa pers, Jum’at (10/4/20) di Rumah Dinas Bupati Subang, jalan Dewi Sartika,  mengatakan pihaknya selaku Ketua Gugus penanganan Covid 19 di Kabupaten Subang,  telah mengumkan hasil rapid tes untuk sekitar 2000 ODP di Kabupaten Subang.

Adanya ke-13 ODP positif Corona, Bupati menghimbau kepada warga agar tidak panik. “ Besok yang 13 ODP dinyatakan positif akan dilakukan SWAB test. Besok mereka akan kita lakukan isolasi,” ujarnya.

Ia juga meminta kepada seluruh warga Subang yang berada di luar kota, terutama zona merah agar tidak pulang kampung dahulu. Hal tersebut sebagai upaya kita untuk memutus mata rantai penularan virus Corona di kabupaten Subang. Ajaknya.

 

Terkait tindak lanjut 13 orang yang positif menurut dr Nunung akan dilakukan swab test. Menurutnya estimasi hasil swab normalnya 3 hari, namun yang melaksanakan bukan hanya kab.Subang, waiting list pemeriksaan kabupaten kota lainnya. 

Ke 13 orang yang terpapar tersebar di kecamatan se kabupaten Subang, namun pihaknya tidak bisa menyebutkan identitas masing-masing, namun akan di isolasi dibekas asrama gedung Akper yang lama.  “13 orang ini datang dari daerah zona merah dan luar negeri,” ujar dr Nunung.

Seperti diketahui, Rapid test merupakan teknik pengetesan keberadaan antibodi terhadap serangan kuman di dalam tubuh.

Hasil rapid test tak boleh dan tak bisa digunakan secara mandiri untuk mengonfirmasi keberadaan atau ketiadaan infeksi virus corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 di dalam tubuh.

Untuk mengonfirmasi keberadaan virus corona secara akurat dalam tubuh seseorang harus dilakukan test swab dengan meteode PCR (polymerase chain reaction).

Hasil tes dari rapid test adalah reaktif (ada reaksi terhadap keberadaan antibodi) atau non-reaktif (tidak ada reaksi terhadap keberadaan antibodi).
Jika Anda sempat membaca hasil rapid test adalah positif atau negatif, harus dimaknai sebagai positif atau negatif terhadap keberadaan antibodi dalam tubuh, bukan positif atau negatif terhadap keberadaan virus corona penyebab Covid-19.

Ada perbedaan antara Rapid Test dengan Swab Test. Perlakuan Rapid Test menggunakan sampel darah yang diambil untuk diuji; Memeriksa virus menggunakan lgG dan lgM yang ada di dalam darah, yaitu sejenis antibodi yang terbentuk di dalam tubuh saat kita mengalami infeksi virus. Jadi jika di dalam tubuh terjadi infeksi virus, maka jumlah lgG dan lgM di tubuh akan bertambah; prosesnya hanya membutuhkan waktu 10-15 menit hingga hasil keluar; Hanya untuk skrining awal.

Sementara perlakuan SWAB Test menggunakan sampel Lendir dalam hidung maupun tenggorokan; Diperiksa dengan menggunakan metode PCR ( Polymerase Chain Reavtion). Hasil akhir dari pemeriksaan ini nantinya akan benar-benar memperlihatkan apabila ada virus SARS-COV2 (penyebab covid-19) di tubuh seseorang; Pemeriksaan menggunakan metode PCR yang membutuhkan waktu beberapa jam hingga beberapa hari untuk menunjukan hasil.

(Abdulah)

banner 521x10

Komentar