Hendry Bangun Gantikan Atal Depari Sebagai Ketua PWI Pusat Masa Bhakti 2023-2028

Berita, Nasional227 Dilihat

INILAHONLINE.COM, BANDUNG – Hendry Chaerudin Bangun menggantikan Atal Sembiring Depari sebagai Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat melalui pemungutan suara pemilihan ketua dalam Kongres PWI Ke-XXV Tahun 2023, di el Hotel, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu dini hari, (27/9/2023)

Dalam pemungutan suara untuk memilih Ketua Umum (Ketum) PWI masa bhkati 2023-2028 yang diikuti oleh tiga calon Ketum, yakni Atal S Depari selaku petahana dengan dua penantangnya Hendry Ch Bangun (mantan Wakil Ketua Dewan Pers) dan  Zulmansyah (Ketua PWI Riau) itu berlangsung ketat dan harus dilakukan melalui dua putran dalam perolehan dukungan untuk memperebutkan 88 suara dari 38 perwakilan PWI Provinsi se Indonesia.  

Sebelumnya, dalam  tata tertib dan tata cara untuk pemilihan Ketum PWI telah disepakati dan diputuskan, bahwa dari ketiga calon Ketum yang maju, maka pemenangnya harus ditentukan dua putran jika suara pemenangnya tidak mampu memperoleh suara 50 persen plus satu atau harus memperoleh  minmal 45 suara.

Pada pemungutan putaran pertama, dari 88 suara yang masing-masing diwakili oleh 38 para Ketua PWI Provinsi, masing-masing Calon Ketum memperoleh 40 suara untuk Atal S Depari, 39 suara untuk Hendry Ch Bangun dan 8 suara berhasil diperoleh Zulmansyah. Dengan kompsisi perolehan suara tersebut, maka dua pemenang teratas berhasi mengikuti pemilihan putaran kedua

Di pemungutan suara putaran kedua yang diikuti oleh dua Calon Ketum, Atal S Depari dan Hendry Ch Bangun, maka perolehan suara bagi keduanya bersaing ketat dan saling kejar mengejar dalam perolehan suaranya. Namun diakhir penghitungan suara, Hendry Ch Bangun berhasil meraup suara 47 suara dan Atal S Depari dengan perolehan suara 41 suara.

Dengan hasil pemungutan suara, kemudian langsung dilanjutkan dengan penghitungan suara dan hasil akhir perolehan suara yang berlangsung hingga hari Rabu (27/9/23) dini hari kemarin itu, maka Hendry Ch Bangun berhasil mengungguli peroleh suara yang diperoleh Atal S Depari.

Hendry Ch Bangun dalam pidato pertama kemenangannya sebagai Ketum PWI terpilih untuk masa bhakti 2023-2028 mengatakan, dirinya mengucapakan terima kasih kepada pendukungnya dan ini hanya dalam proses pemilihan saja. “Sekarang PWI milik kita semua, karena dari 38 provinsi semuanya memiliki PWI,” ujarnya yang disambut dengan teriakan para peserta Kongres.

Lebih lanjut Hendry mengatakan, dirinya mengajak kepada semuanya untuk menysukuri peristiwa hari ini (Pemilihan Ketum-red), karena mash banyak hal-hal yang tentu harus diselesaikan, tetapi saya merasa sangat berbahagia bahwa saya dan bang Atal Depari ini ada hubungan kekerabatan. “Cuma saat ini terbalik, karena dalam Kpongres PWI ke-XXIV lima tahun lalu di Solo dulu kami berlangkulan dan saya dalam posisi yang kalah, tapi untuk tahun ini saya menang,” ujarnya

Tapi menurut Hendry, semuanya tidak akan menjadikan sebuah mesalah atau persaingan dalam membangun PWI kedepan. “Sebentulnya ini ga ada apa apalah, bahwa kami berdua memiliki hubungan kekerabatan. Jadi menurut saya, ini sebetulnya hanya pergantian ketua saja, tetapi tentu saya memiliki ambisi-ambisi untuk menjadikan oragniasasi PWI sebagai organisasi terbesar, tertua dan paling banyak intelektualnya,” tandas Hendry yang juga sebagai Ketua Dewan Pakar Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) tersebut. (PH)

banner 521x10

Komentar