oleh

Hijir Ismail, Tempat Mustajab untuk Berdoa, Berlatih Sabar, Tahan Emosi

Laporan Khusus: Deby Febryanti (MG)

Para jamaah Haji maupun Umrah setiap kali datang ke Makkah, Hijir Ismail selalu jadi salahsatu tujuannya. Hijir Ismail merupakan bagian Ka’bah yang berada di luar bangunan Ka’bah itu sendiri. Bentuknya setengah lingkaran. Ada hadits yang memastikan Hijir Ismail merupakan bagian dari Ka’bah.

Dalam sebuah riwayat, Aisyah ra pernah meminta izin kepada suaminya, Muhammad SAW, untuk masuk ke  dalam Ka’bah. Rasulullah lalu membawa Aisyah ke Hijir Ismail, sambil bersabda, “Shalatlah di sini kalau ingin shalat di dalam Ka’bah, karena ini termasuk bagian dari Ka’bah.”

Tak sekedar sebagai bagian dalam Ka’bah, Allah telah membuka pintu angin surga agar berhembus ke dunia melalui tempat ini.

Hijir Ismail juga merupakan salahsatu tempat di Makkah yang mustajab untuk berdoa. Karena itulah tempat ini selalu jadi tempat favorit untuk para jamaah haji dan umrah. Selasa (29/10/2019) malam, saya berkesempatan untuk menunaikan shalat sunnah dalam Hijir Ismail. Selain shalat sunnah hal lain yang dapat dilakukan di Hijir Ismail adalah berdoa dan berdzikir.

Tidak setiap waktu pintu Hijir Ismail dibuka, hanya beberapa waktu tertentu saja. Bagi saya, selain mendapatkan pahala, Hijir Ismail mengajarkan untuk tetap sabar, tidak emosi, selalu tenang ketika orang lain mendorong dan mendesak kita. (*)

Komentar