oleh

HJB ke-535, Dua Gerakan di Bidang Lingkungan Raih Penghargaan

InilahOnline.com (Kota Bogor) – Bertepatan dengan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-535, Sabtu (03/06/2017) Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor memberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi kepada warga atau komunitas yang telah memberikan kontribusi kepada Kota Bogor, yakni Gerakan Tanam Pohon (GTP) dan Gerakan Lima Juta Lubang Biopori, yang Keduanya bergerak dalam bidang lingkungan. Penghargaan tersebut diberikan Wali Kota Bogor Bima Arya didampingi pimpinan DPRD Kota Bogor disela Rapat Paripurna Istimewa HJB Ke-535.

Ketua Gerakan Tanam Pohon Hari Priyadi mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Bogor dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor karena telah memberikan apresiasi berupa penghargaan. Penghargaan ini semakin memberikan semangat bagi komunitas dalam mendukung Kota Bogor menjadi kota green city dan mendukung perbaikan-perbaikan lingkungan di Kota Bogor. “Ini penghargaan ketiga yang kami terima dan ini sangat luar biasa agar kami semakin berbakti dan berkarya untuk Kota Bogor,” ujarnya.

Ia menceritakan, dari mulai berdiri pada 15 November 2015 lalu hingga minggu lalu sebelum bulan ramadhan, GTP sudah menanam 4.000 pohon di 141 tempat di enam kecamatan se-Kota Bogor setiap minggunya. Diantaranya di sekolah, di komplek pemukiman, sepadan sungai dan lahan-lahan rusak. Penanaman pohon tidak hanya dilakukan GTP tetapi juga melibatkan berbagai komunitas dan warga sekitar yang jumlahnya hampir 7.000 orang.

Pasalnya, ini bukan sekadar penanaman pohon semata tetapi juga sekaligus merubah pola pikir warga Kota Bogor agar semakin mencintai dan menjaga lingkungan Kota Bogor.
“Targetnya agar ruang terbuka hijau di Kota Bogor mencapai 30 persen dari total wilayah sesuai dengan Undang-undangnya dan lahan yang rusak bisa diperbaiki,” terangnya.

Kedepan, lanjut Hari, kegiatan GTP tidak hanya sekadar menanam pohon. Namun mulai merambah pada edukasi kepada ibu-ibu rumah tangga untuk lebih sadar lagi menjaga lingkungan lewat kegiatan pertanian di Rumah Tangga. GTP akan melakukan kampanye menanam di halaman rumah serta pemanfaatan limbah. “Di HJB ini kami siap mendukung Kota Bogor menjadi lebih baik, lebih hijau dan ramah lingkungan bagi semua warga dan komunitas,” tuturnya.

Sementara itu, ucapan terima kasih juga datang dari Ketua Gerakan Lima Juta Lubang Biopori Gatut Susanta. Ia menyebut, gerakan lima juta lubang biopori sudah berlangsung sejak tiga tahun lalu secara konsisten tanpa dana dari APBD.

Tujuan dari gerakan ini untuk menyimpan air dan lubang biopori bisa dimanfaatkan untuk membuang sampah organik, sehingga selain dapat menyerap air hujan untuk mencegah terjadinya banjir juga bisa menyuburkan tanah.

“Sampai saat ini terhitung sudah mencapai empat juta lubang Biopori di Bogor dan sudah mengedukasi 30 kota/kabupaten di 15 provinsi. Harapan kami Pemkot Bogor bisa menjadi leader dalam gerakan penyelamatan alam dan dianggarkan khusus untuk gerakan masyarakat ini,” pungkasnya (Iqbal)

Komentar