oleh

Inacraft 2019, Yane : Produk IKM Kota Bogor Terbaik Ditampilkan

INILAHONLINE.COM, BOGOR

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bogor, Yane Ardian Bima Arya menyebutkan, Inacraft tahun 2019 terasa spesial dan berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Sebab, bukan tanpa alasan ia menilai produk-produk unggulan Kota Bogor yang ditampilkan dalam event tersebut kualitasnya terbaik.

“Produk-produk dari 14 IKM Kota Bogor yang ditampilkan di Inacraft 2019 sudah mengikuti program Naik Kelas, yakni pelatihan bagi para pengrajin oleh Next Step konsultan bekerja sama dengan Rumah Kreatif BUMN Bank Mandiri. Ini suatu kebanggaan bagi Kota Bogor,” kata Yane usai menghadiri acara Inacraft 2019 di Hall Balai Sidang, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (24/04/2019).

Kedepan Yane berharap ada pelatihan lanjutan bagi para pengrajin yang belum mengikuti pelatihan. Dekranasda bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bogor menargetkan adanya program naik kelas bagi pengrajin lain. Dengan begitu, ketika mengakhiri masa bakti kepengurusan dirinya, Yane berharap agar semua produk dekranasda sudah mengikuti program Naik Kelas dan memiliki kualitas serta standar internasional produknya.

Kepala Disperindag Kota Bogor, Ganjar Gunawan menilai dari sisi tampilan produk unggulan IKM Kota Bogor mengalami perubahan dan peningkatan menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya, termasuk juga kualitasnya.

“Ini diakui oleh para pengrajin lain, pihak konsultan termasuk dari kami selaku pembina IKM Kota Bogor,” ujarnya.

Disatu sisi, sambung Ganjar, ada hal lain yang perlu dievaluasi berupa hal teknis penyediaan stand yang dikoordinir Pemprov Jawa Barat yang untuk pertama kalinya.

Kedepan pihaknya akan mencoba menjajaki kerja sama dengan BUMD Kota Bogor untuk bersama-sama berupaya mengembangkan dan meningkatkan produk IKM Kota Bogor.

Ketua Dekranasda Jawa Barat, Atalia Praratya Kamil yang juga hadir menyebutkan, pada Inacraft Ke-21 Tahun 2019 ini, Jawa Barat memiliki satu anjungan tersendiri yang diisi produk unggulan dari beberapa daerah di Jawa Barat. Hal ini berguna untuk lebih mendorong, memperhatikan dan saling mempromosikan produk antar wilayah di Jawa Barat.

Apresiasi pun disampaikan Atalia bagi dekranasda di wilayah atas pembinaan yang dilakukan sudah luar biasa dan sudah melangkah lebih jauh lagi.

“Pembinaan yang dilakukan tidak hanya sebatas SDM, tetapi juga sisi permodalan terbaik bagi para pengrajin, termasuk juga dalam mempromosikan produknya,” katanya usai mengunjungi stand-stand di anjungan Jawa Barat.

(ian Lukito)

Komentar