oleh

Inilah Klarifikasi WHO Terkait Mitos atau Fakta COVID-19

INILAHONLINE.COM, JENEWA

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merilis kabar hoax COVID-19 yang semakin meresahkan. Organisasi kesehatan dunia itu mengklarifikasi mitos atau kabar hoax COVID-19 terkait penularan COVID-19. Mulai dari sebab penyebaran, dan pencegahan hingga obat yang dipercaya dapat menyembuhkan corona, seperti dilansir pmjnews dari laman resmi WHO, Minggu (22/3/2020).

Berikut mitos atau fakta COVID-19

1. Penyebaran dipengaruhi iklim panas dan lembab

Dari bukti sejauh ini, virus COVID-19 dapat ditularkan di semua area tanpa terkecuali. Ya, termasuk daerah dengan cuaca panas dan lembab. Apa pun iklimnya, Anda wajib melakukan tindakan perlindungan.

Cara untuk melindungi diri dari COVID-19 dengan sering mencuci tangan sampai bersih. Dengan melakukan ini, kita menghilangkan virus, yang mungkin ada di tangan dan menghindari infeksi, yang dapat terjadi saat menyentuh mata, mulut, dan hidung.

2. Cuaca dingin dan salju bisa mematikan virus corona baru

WHO menyebutkan tidak ada alasan untuk percaya bahwa cuaca dingin dapat membunuh virus corona baru atau penyakit lainnya. Suhu tubuh manusia normal tetap sekitar 36,5 hingga 37 derajat celcius, terlepas dari suhu eksternal atau cuaca.

3. Mandi pakai air panas melindungi diri dari COVID-19

Faktanya mandi air panas tidak akan mencegah, tidak akan melindungi diri dari paparan COVID-19. Suhu tubuh manusia normal tetap sekira 36,5 hingga 37 derajat celcius, terlepas dari suhu mandi.

4. Bisa menular melalui nyamuk

Hingga kini belum ada informasi atau bukti yang menunjukkan virus corona jenis baru ini bisa ditularkan oleh nyamuk. Virus ini adalah virus pernapasan yang menyebar terutama melalui tetesan (droplet), yang dihasilkan ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin.

Selain itu, virus menular bisa melalui tetesan air liur atau keluarnya cairan dari hidung. Selain rajin cuci tangan itu, hindari kontak dekat dengan siapa pun yang batuk dan bersin.

5. Pengering tangan mematikan virus corona

Mesin pengering tangan tidak efektif dalam membunuh virus corona.

Untuk melindungi diri dari virus corona, Anda harus sering membersihkan tangan dengan pembersih tangan berbasis alkohol, juga mencucinya dengan sabun dan air. Setelah tangan dibersihkan, sebaiknya Anda mengeringkannya dengan menggunakan tisu atau paper towel.

Komentar