Inilah Penjelasan BMKG Penyebab Banjir di Jakarta

Berita, Nasional432 Dilihat

INILAHONLINE.COM, JAKARTA

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) mengungkapkan adanya curah hujan ekstrem yang menyebabkan terjadinya banjir di wilayah Jakarta dan sekitarnya pada hari Rabu (1/1/2020).

Berdasarkan pengukuran curah hujan yang dilakukan oleh BMKG di tiga titik curah hujan di DKI Jakarta pada pergantian tahun 2020 terbilang tinggi.

Berdasarkan keterangan tertulis dari BMKG, hasil pemantauan itu yakni di Landasan Udara TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur curah hujan mencapai 377 mm.

Kemudian dari hasil pengukuran di Taman Mini , Jakarta Pusat curah hujan tercatat sebesar 335 mm. Terakhir, hasil pemantauan di Jatiasih, Bekasi curah hujan tercatat setinggi 259 mm.

Kemudian, BMKG juga mencatat curah hujan tinggi sebelum 2020. Pada 1996, BMKG mencatat curah hujan di Jakarta setinggi 216 mm/hari.

Hujan yang terjadi di wilayah Jakarta dan sekitarnya sejak Selasa (31/12/2019) sore menyebabkan banjir melanda sejumlah kawasan di Jakarta dan Bekasi pada Rabu (1/1/2020).

TMC Polda Metro Jaya mencatat, banjir terjadi di Perumahan Pondok Melati, Pondok Gede, Bekasi dan sudah memasuki rumah.

Kemudian, banjir terjadi di wilayah Rawa Panjang, Bekasi Timur dan sudah memasuki rumah warga. Untuk diketahui, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat mengguyur wilayah DKI Jakarta sejak Selasa malam.

Hingga pergantian tahun, kondisi hujan sedang hingga lebat masih berlangsung. Pada Rabu dini hari, hujan sedang hingga lebat tetap berlangsung.

(Rio Sandiputra)

banner 521x10

Komentar