oleh

Jalan Tol Brebes Timur Menuju Semarang Sudah Bisa Dilewati Pemudik Lebaran

InilahOnline.com (Semarang) – Jalan tol fungsional di daerah Brebes Timur yang menghubungkan Semarang melewati Kabupaten Batang sudah bisa dilewati oleh para pengguna jalan, khususnya para pemudik dan balik lebaran tahun ini. Jalan bebas hambatan yang sudah dibuka hari Senin (19/6/2017) 0leh Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono sudah bisa dimanfaatkan para pemudik.

‘’Pemudik sudah bisa melewati jalan tol fungsional Brebes Timur- Gringsing Kabupaten Batang. Jalan tol sepanjang 110 kilometer itu meliputi jalan tol Pejagan- Pemalang Toll Road,’’ujar Kapolda di Semarang, kemarin.

Dikatakan Kapolda, jalan tol fungsional yang dibuka selama 24 jam selama arus mudik dan balik lebaran ini, lampu penerangan belum begitu optoimal tapi sudah disediakan meskipun belum optimal.

‘’Kami sudah menydiakan lampur sar yang bisa dipindah-pindah, sehingga jaraknya bisa mencapai satusan meter,’’paparnya.

Namun demikian, lanjut dia, tol fungsional yang lebarnya hanya mempunyai 10 gardu pembayaran di ruas tol Kaligangsa Brebes, diperkirakan akan ada penumpukan kendaraan di jalur tersebut. Hal itu akibat jalan menjadi penghubung ke jalan tol fungsional itu terjadi penyempitan (bottleneck).

‘’Yang jelas kami sudah menyiapkan rekayasa arus lalu lintas jika terjadi antraean kendaraan di kaligangsa.’’

Dijelaskan, jika terjadi kepadatan kendaraan di kaligangsa mengular dan sampai menutup interchange atau persimpangan Brebes Timur (Brexit), maka kendaraan dialihan ke pintu keluar tol Bebes Barat. ‘’Jadi kepolisian sudah menyiapkan ribuan personil untuk mengamankan di tol fungsional tersebut,’’ujar Kapolda Jateng itu.

Sebelumnya, di titik itu juga digelar apel Operasi Ramadniya Candi 2017 yang dipimpin Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Menurut dia, dengan dibukanya tol fungsional itu, kemacetan yang ada di pintu tol Brebes Timur dan arteri pantura bisa terurai.

“Persoalan mudik tahun lalu kan ada di Brexit. Tahun ini, tolnya tambah panjang hingga Gringsing. Ini sangat membantu pemudik,” kata Ganjar.

Menurut dia, untuk mengantisipasi kemungkinan yang timbul di tol fungsional ini, disiapkan sebanyak 20 mobil patroli akan bersiaga di setiap lima kilometer. Mobil patroli itu juga akan memberikan tanda kepada pemudik saat malam hari.

Kepala Cabang Pengelola Tol Kanci Pejagan Pemalang, Zulmarlian Iskandar menjelaskan, penggunaan tol mulai berfungsi pada Senin siang kemarin. Petugas di gardu pembayaran sudah disiapkan untuk melayani pemudik. “Setelah sterilisasi, polisi membuka arus lalu lintas di jalan tol fungsional,” imbuhnya.(Suparman)

Komentar