oleh

Jateng Raih Penghargaan Adhi Bhakti Tani Nilai Ekspor Tertinggi dari Wapres

INILAHONLINE.COM, SEMARANG — Provinsi Jawa Tengah, menerima penghargaan Abdi Bhakti Tani 2021 dengan kategori meningkatkan nilai ekspor komoditas pertanian tertinggi, periode Januari 2020 – Juni 2021.

Penghargaan tersebut, diberikan oleh Wakil Presiden Indonesia KH Ma’aruf Amin, dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, pemberian penghargaan itu di Istana Wakil Presiden, Senin (13/9/2021).

Wapres menyampaikan, apresiasi kepada para kepala daerah yang mendapatkan penghargaan tersebut karena telah bekerja keras meningkatkan pembangunan di sektor pertanian.

“Saya mengharapkan penganugerahan Abdi Bakti Tani 2021 dapat menjadi penyemangat para kepala daerah, karena tanpa komitmen dan pemikiran kreatif, roda pembangunan pertanian tidak akan bisa berputar cepat dan memberikan hasil yang membanggakan,” jelasnya yang bisa disaksikan di Youtube TV Tani Indonesia.

Sementara itu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan penganugerahan ini bertujuan untuk mengapresiasi kinerja pemda yang telah berkontribusi dalam upaya memenuhi kebutuhan pangan masyarakat dan meningkatkan ekspor pertanian.

“Maksud dari penganugerahan ini untuk mengapresiasi kinerja, prestasi pemerintah daerah yang telah berkontribusi dalam upaya memenuhi kebutuhan pangan bagi kepentingan nasional, bagi 273 juta penduduk Indonesia dalam rangka meningkatkan kebutuhan pangan dan juga melakukan ekspor produksi pertanian,” katanya.

Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, setelah menerima penghargaan tersebut, dirinya mengatakan bahwa saat ini daerahnya mampu menaikkan ekspor pertanian sebesar 80 persen.

“Alhamdulillah Jawa Tengah menerima juara pertama tingkat provinsi kategori kenaikan ekspor bidang pertanian. Ini kalau diakumulatifkan mencapai sekitar 80 persen kenaikan di bulan Januari 2020 – Juni 2021,” katanya.

Untuk itu, pihaknya mengapresiasi petani yang di Jawa Tengah karena telah berhasil mencapai angka kenaikan ekspor hingga 80 persen itu.

“Saya apresiasi betul apa yang dilakukan oleh petani di Jawa Tengah, saya berterima kasih kepada Bupati/Walikota di Jateng khususnya Bupati Cilacap, Bupati Brebes, Bupati Kabupaten Semarang karena ketiganya ini juga ikut menerima penghargaan dari Kementerian Pertanian,” ucapnya.

Ketiga daerah tersebut, menyumbang dalam kategori Pertanian terbaik dan terbesar serta pengekspor tertinggi pada tingkat kabupaten/kota.(Suparman)

Komentar