Jawa Barat Siap Menampung Pengungsi Umat Muslim Rohingya

Nasional345 Dilihat

InilahOnline.com (Bandung-Jabar) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat siap menampung pengungsi umat muslim Rohingya dari Myanmar jika mendapatkan instruksi langsung dari pemerintah pusat.

Hal itu dikatakan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher) usai mengikuti aksi solidaritas bagi umat muslim Rohingya dengan melakukan long march dari Pusdai Jabar menuju Gedung Sate Bandung, Jumat (8/9/2017).

Menurut Aher, soal pengungsi merupakan kewenangan pemerintah pusat tapi jika wilayah Jawa Barat mendapatkan perintah untuk dijadikan lokasi pengungsian maka pihaknya akan siap melaksanakannya.

“Tentu kita menunggu perintah dari pemerintah pusat jika harus ditampung di Jawa Barat kita siap menerima. Urusan pengungsi tentu saja kewenangan pemerintah pusat ya tapi ketika diperintahkan untuk menampung, kita harus siap,” tegasnya.

Indonesia memiliki pengalaman dalam penampungan bagi pengungsi dari negara lain. Dikatakan Aher, waktu itu sempat menampung pengungsi asal Vietnam selama beberapa tahun di Pulau Galang. Setelah negaranya aman maka mereka kembali ke negeri asalnya sebagai warga negara Vietnam.

“Kita punya pengalaman pernah menampung pengungsi asal Vietnam di Pulau Galang selama beberapa tahun. Para pengungsi itu baru kembali ke Vietnam setelah dinyatakan aman sehingga mereka diterima kembali sebagai warga negara Vietnam,” jelas Aher.

Aher menambahkan, peristiwa tersebut tidak menutup kemungkinan akan dialami pengungsi Rohingya dari Myanmar ke Indonesia termasuk wilayah Jawa Barat.

“Nah, kita punya pengalaman seperti itu, boleh jadi hal ini terjadi pada pengungsi Rohingya,” pungkasnya. (Frida)

banner 521x10

Komentar